Alasan tidak boleh minum kopi setelah makan daging.(Shutterstock/Kingmaya Studio)
Alasan tidak boleh minum kopi setelah makan daging.(Shutterstock/Kingmaya Studio) ( KOMPAS.COM)

Tak Dianjurkan Minum Kopi Setelah Makan Daging, Mengapa?

19 Juni 2024 18:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Beberapa orang menikmati kopi selepas makan, termasuk setelah menikmati makan besar berlauk daging.

Kebiasaan ini dilakukan berulang tanpa menyadari ada beberapa bahaya di belakangnya.

Menurut studi, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dimakan bersama dengan kopi karena bisa memicu masalah kesehatan.

Seorang ahli gizi, Dr. Maya Roseman mengatakan, kopi tidak boleh disantap bersamaan atau setelah makan daging. 

Lantas, apa alasan tidak boleh minum kopi setelah makan daging?

Alasan tidak boleh minum kopi setelah makan daging

Dilansir dari The Jerusalem Post, Roseman menjelaskan mengapa seseorang tidak dianjurkan minum kopi setelah makan daging.

Menurutnya, terdapat zat tertentu yang terkandung di dalam kopi yang bisa menghambat penyerapan zat besi, bahkan setelah makan makanan yang kaya zat besi seperti daging.

"Jika memiliki kadar zat besi yang normal, Anda tidak perlu khawatir tentang susu atau kafein yang menghambat penyerapan zat besi. Namun, Anda harus khawatir tentang apa yang terjadi ketika Anda minum kopi setelah makan zat besi," ujarnya.

Sementara itu, dikutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), zat besi sangat diperlukan untuk mendukung proses perkembangan anak dan ramaja.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm