Komparasi LMPV - Hyundai Stargazer, Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga(Kompas.com/Nanda)
Komparasi LMPV - Hyundai Stargazer, Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga(Kompas.com/Nanda) ( KOMPAS.COM)

Pasar Bergejolak, Avanza Kokoh Kuasai LMPV Nasional, Posisi Livina Makin Terpuruk

31 Juli 2024 20:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Total penjualan mobil keluarga dengan kapasitas 7-penumpang berharga murah, atau Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) turun 26,9 persen pada Januari-Juni 2024.

Kondisi tersebut sejalan dengan pasar otomotif nasional yang tengah bergejolak hingga melambat 19,4 persen secara tahunan atau year-on-year (yoy).

Berdasarkan data yang diolah dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada enam bulan pertama tahun ini cuma 55.940 unit LMPV yang berhasil didistribusian.

Kendati demikian, peta persaingannya tidak berubah banyak. Di mana, Toyota Avanza sebagai kendaraan berjuluk 'mobil sejuta umat' masih mendominasi 43 persen dari total pasar LMPV.

Artinya, meskipun banyak pesaing berdatangan model ini masih disukai masyarakat Indonesia. Meskipun memang jumlah penjualan pada tahun ini anjlok dari 30.221 unit jadi 24.031 unit dibanding Januari-Juni 2023 lalu.

Sementara versi mahal Avanza, yaitu Veloz menempati peringkat ke-3 dalam jajaran LMPV terlaris di Indonesia, dengan angka penjualan 6.823 unit.

Jumlah tersebut turun hingga hampir dua kali lipat dari tahun lalu. Membuat produk rakitan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) itu kalah pamor dari Mitsubishi Xpander yang mencatatkan penjualan 10.601 unit.

Posisi Veloz juga hampir mepet dengan Daihatsu Xenia yang tepat berada di bawahnya dengan penjualan 6.338 unit. Adapun menutup posisi lima, ada Hyundai Stargazer dengan 3.917 unit.

Berikut LMPV terlaris di Indonesia semester I/2024:

1. Toyota Avanza: 24.031 unit

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm