elecing kangkung, teman santapan ayam betutu gilimanuk.
elecing kangkung, teman santapan ayam betutu gilimanuk. ( KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN)

Bisa untuk 4 Porsi, Berikut ini Cara Membuat Pelecing Kangkung

5 Agustus 2024 15:07 WIB

SonoraBangka.id - Pelecing kangkung termasuk masakan sayur yang praktis dan bisa dibuat untuk dinikmati sehari-hari.  Tips saat mencuci kangkung, gunakanlah air mengalir agar kotoran yang masih tersangkut di antara batang-batang kangkung bisa hilang. Jika tidak ada air mengalir, rendamlah kangkung ke dalam air yang sudah diberi garam atau cuka, kemudian bilas sampai bersih. Adapun sambal pelecing kangkung dalam resep ini menggunakan minyak goreng yang masih panas guna menghilangkan rasa langu dari bahan-bahan sambal yang masih segar.  Berikut resep dan cara membuat pelecing kangkung untuk empat porsi, dilansir dari buku "Dapur Kreatif: Mengolah Sayur" karya Tim Primarasa (2018) terbitan PT Gaya Favorit Press.  

Resep pelecing kangkung

Bahan:

1.000 gr kangkung (petik daunnya, belah batangnya, cuci, tiriskan)

1.000 ml air (untuk merebus)

1/2 sdt garam

2 sdm minyak goreng panas

50 kacang tanah goreng

Bahan sambal pelecing kangkung:

10 buah cabai merah keriting (bakar atau sangrai)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm