Ilustrasi choco chips yang dilelehkan di dalam mangkuk.
Ilustrasi choco chips yang dilelehkan di dalam mangkuk. ( Dok. BBC Good Food)

Hindari Cokelat Gosong, Berikut 3 Cara Lelehkan Choco Chips

7 Agustus 2024 15:55 WIB

SonoraBangka.id - Choco chips pada dasarnya mirip dengan cokelat. Bedanya, potongan choco chips lebih kecil dan teksturnya cukup keras dibanding cokelat biasa. Choco chips lebih sulit dilelehkan dibanding cokelat biasa, dan lebih mudah gosong apabila teknik yang digunakan salah. 

Dikutip dari laman Food Network, umumnya ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk melelehkan choco chips, yaitu dipanaskan di atas kompor, di dalam microwave, dan direndam di dalam air hangat.

Cara lelehkan choco chips Hindari choco chips gosong dengan mengikuti instruksi berikut.

1. Cara melelehkan choco chips menggunakan kompor

Siapkan panci berisi air di atas kompor, lalu taruh mangkuk tahan panas di atas panci. Pastikan bagian dasar panci tidak menyentuh air. Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua, Apa Saja Kekerasan yang Dilakukan? Artikel Kompas.id Setelah itu, tuang choco chips ke dalam mangkuk, lalu nyalakan api sedang. Aduk choco chips sesekali menggunakan sendok kayu hingga halus. Jika ingin menjaga agar cokelat tetap hangat, tetap letakkan mangkuk berisi cokelat di atas panci dalam keadaan api kompor sudah dimatikan.

2. Cara melelehkan choco chips menggunakan microwave

Taruh choco chips di dalam mangkuk tahan panas, lalu masukkan mangkuk ke dalam microwave dengan daya 50 persen selama 30 detik. Lihat Foto Ilustrasi cara melelehkan choco chips di dalam microwave.(Dok. Taste of Home) Setelah itu keluarkan mangkuk dari microwave, lalu aduk choco chips menggunakan spatula silikon. Masukkan kembali mengkuk berisi choco chip ke dalam microwave, dan panaskan menggunakan daya 50 persen selama 20 detik. Aduk kembali choco chips menggunakan spatula. 

3. Cara melelehkan choco chips dalam rendaman air

Masukkan choco chips ke dalam kantong zip lock yang aman untuk freezer dan tertutup rapat. Setelah itu rendam kantong berisi choco chips di dalam mangkuk berisi air hangat. Lihat Foto Ilustrasi choco chips yang dilelehkan di dalam mangkuk.(Dok. BBC Good Food) Keluarkan kantung beberapa kali dari dalam mangkuk dan pijat-pijat choco chips supaya meleleh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Lelehkan Choco Chips, Hindari Cokelat Gosong", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/08/06/180600475/3-cara-lelehkan-choco-chips-hindari-cokelat-gosong.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm