upacara peringatan Hari Pramuka Ke-63
upacara peringatan Hari Pramuka Ke-63 ( Diskominfosta Bangka Tengah)

Pramuka Bangka Tengah Diakui Eva Algafry, Siap Dukung Indonesia Emas

16 Agustus 2024 07:24 WIB

SonoraBangka.id - Eva Algafry selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Bangka Tengah, pimpin upacara peringatan Hari Pramuka Ke-63 dengan tema ‘Pramuka, Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI’ di lapangan utama SMP IT Bahrul Huda Desa Sarang Mandi, Kecamatan Sungaiselan, Rabu (14/08/2024).

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Eva Algafry membacakan amanat Ketua Kwartir Nasional, Budi Waseso, di hadapan seluruh peserta yang merupakan anggota Gerakan Pramuka se-Bangka Tengah.

Disampaikan, Gerakan Pramuka saat ini telah menunjukkan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda dan selalu menjadi garda terdepan untuk membentuk anggota Pramuka yang berjiwa Pancasila serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Terlebih kondisi globalisasi ini dapat membuat budaya asing mudah menerpa generasi muda dan menggerus rasa gotong royong dan nasionalisme.

"Gerakan Pramuka adalah langkah tepat dalam menghadapi kondisi-kondisi pengaruh budaya asing yang dapat merusak sendi-sendi budaya bangsa. Gerakan Pramuka dapat memberikan pendidikan life skill, soft skill, hard skill, serta dilengkapi dengan kecerdasan SESOSIF, yaitu kecerdasan Spiritual, Emotional, Sosial, Intelektual, dan Fisik untuk seorang Pramuka sebagai generasi pembawa perubahan untuk Bangsa Indonesia," baca Eva.

Kakwarnas Gerakan Pramuka menyatakan Pramuka siap memberikan kontribusi guna menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045, khususnya untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing. Tentunya dalam upaya tersebut dibutuhkan sinergi, kolaborasi, partnership, serta komitmen, dan konsisten dari seluruh stakeholder yang terkait.

"Kami sangat yakin bahwa sumber daya manusia yang dipersiapkan melalui Gerakan Pramuka merupakan sumber daya manusia yang berjiwa Pancasila karena dididik dengan Fundamental Value Transformation, yaitu pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka," lanjutnya.

Usai upacara, kegiatan peringatan HUT ke-63 Pramuka ini dilanjutkan dengan kegiatan lomba yang diikuti oleh para anggota Pramuka, serta bantuan sosial berupa sembako dan santunan kepada anak yatim.

Diungkapkan Eva bahwa, dalam rangkaian ini kita juga melakukan donasi dari teman-teman Kwarcab Bateng dan kita bagikan sembako kepada warga yang kurang mampu di Desa Sarang Mandi dan Desa Keretak.

setelah itu juga ada pemberikan satunan kepada anak yatim yang menjadi anggota Gerakan Pramuka.

Nah, semoga ini bisa bermanfaat bagi penerima dan bisa meningkatkan rasa sosial di lingkungan Pramuka.

Artikel ini telah terbit di https://bangkatengahkab.go.id/berita/detail/kominfo/eva-algafry-sepakat-pramuka-bangka-tengah-siap-dukung-indonesia-emas

Sumberbangkatengahkab.go.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm