SonoraBangka.id - Bisnis adalah kegiatan dengan menggunakan modal tertentu untuk memperoleh laba, seperti industri, perdagangan, dan pengangkutan (business).
Sebagai pemilik usaha kita harusnya memahami seperti apa bisnis yang sehat dan bagaimana implementasinya.
Head of Government Relation and Corporate Secretary Allianz Life Indonesia, Fitri Estiwardani, menjelaskan bahwa bisnis sehat merupakan bisnis yang berkelanjutan.
Artinya, pemilik usaha tidak hanya mengejar keuntungan hari ini atau keuntungan jangka pendek saja, tetapi pengusaha juga memikirkan strategi bisnis ke depannya.
“Kuncinya, kita harus mampu untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitar, kita dan juga menyelaraskan dengan kondisi sosial dan lingkungan hidup,” ujar Fitri dalam diskusi virtual bertajuk Kunci Bisnis Sehat Kini dan Nanti Bersama Allianz Life Indonesia dan NOVA, Senin, (25/10).
Fitri melanjutkan, bisnis yang sehat ini sangat penting karena tentu kita tidak ingin punya bisnis yang sifatnya short term.
Menurut Fitri, pasti kita ingin memberikan warisan ke anak cucu dari bisnis kita, tetapi pasti secara personal kita juga ingin memberikan kontribusi kepada lingkungan.
Itulah kenapa, kita memerlukan bisnis yang sehat agar kita bisa mendapatkan kebahagiaan seutuhnya.
“Pasalnya kita sudah berkontribusi tidak hanya ke bisnis kita, tetapi juga ke lingkungan dan masyarakat sekitar kita,” paparnya.
Di sisi lain, Allianz Life Changer Johan Fanggara menjelaskan, bisnis yang sehat adalah bisnis yang bisa punya potensi bertumbuh bersama dengan kita dan tidak musiman.
Sebagai contoh, Johan mulai meniti karier di bidang keuangan dan asuransi, serta memiliki nasabah yang kurang lebih punya umur yang sama.
Ada yang menjadi profesional, baru mulai meniti karier, masih single dan sebagainya. Kemudian, lambat laun kehidupan nasabahnya mulai berubah, ada yang menikah, punya anak pertama, anak kedua, bisnis mereka tetap bertumbuh.
“Selama mereka bertumbuh, bisnis saya di sini juga ikut bertumbuh, bahkan bisa bilang semakin tinggi nilai ekonomi sebuah keluarga, semakin tinggi juga nilai proteksi ekonomi yang perlu kita bantu,” papar Johan.
Di situlah Johan bisa hadir mendampingi mereka dalam perjalanan finansial mereka.
“Pada bisnis juga kita cari sesuatu yang sustainable dan tidak hanya seasonal,” lanjut Johan.
Pasalnya, kata Johan, banyaknya jenis bisnis yang mungkin hanya trending mungkin beberapa tahun, tetapi kemudian hilang
“Sebagai life changer, kita hadir untuk bisa memproteksi nasabah kita, dari segala risiko kehidupan, bahkan awareness-nya bahkan naik selama masa pandemi ini,” ungkapnya.
“Oleh karena itu, kita membangun satu bisnis yang tidak hanya untuk saat ini, tetapi juga untuk long term. Dengan kata lain, bukan cuman bisnis kekinian, tetapi bisnis untuk kini dan nanti,” tutup Johan.
Artikel ini telah terbit di https://nova.grid.id/read/052961524/pebisnis-wajib-tahu-apa-itu-bisnis-sehat-dan-implementasinya?page=all