Ilustrasi teh hijau hangat.(Shutterstock/DONOT6_STUDIO)
Ilustrasi teh hijau hangat.(Shutterstock/DONOT6_STUDIO) ( KOMPAS.COM)

Rutin Untuk Minum Teh Hijau Setiap Hari, Apa Manfaatnya?

16 September 2024 21:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Teh hijau adalah minuman yang telah dinikmati selama berabad-abad di berbagai budaya, terutama di Asia.

Bukan cuma dinikmati sebagai minuman yang berasal dari daun pohon teh atau Camelia sinensis ini sejak ribuan tahun digunakan sebagai obat tradisional di China.

Menurut studi tahun 2014 yang terbit dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine ini, teh hijau sejak lama digunakan sebagai pencegah penyakit kronis di China.

Penyakit kronis yang dimaksud adalah kanker, sindrom metabolik, obesitas, diabetes, hingga penyakit kardiovaskular.

Faktanya, beberapa penelitian lain juga membuktikan hal tersebut. Lalu, apa saja manfaat kesehatan dari minum teh hijau?

1. Jaga Kesehatan jantung dan stroke

Dikutip dari Cleveland Clinic, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi teh hijau bisa menurunkan kadar kolesterol. Inilah yang pada akhirnya menurunkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Kadar kolesterol tinggi dapat membuat sumbaran di pembuluh darah yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Penelitian tahun 2023 menemukan, orang yang minum 4 cangkir teh hijau setiap hari bisa menurunkan risiko stroke hingga 24 persen.

2. Mengontrol kadar gula darah dan mencegah diabetes tipe 2

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm