Ilustrasi lupis.
Ilustrasi lupis. ( Dok. Shutterstock/Ika Rahma H)

Legit dan Kenyal, Berikut ini Cara Membuat Lupis Ketan Putih

7 Oktober 2024 14:44 WIB

SonoraBangka.id -  Lupis adalah salah satu jajanan tradisional Indonesia yang sederhana namun memiliki rasa yang lezat. Teksturnya yang kenyal berpadu sempurna dengan kelapa parut dan siraman saus gula merah yang manis. Meski terkesan rumit, sebenarnya membuat Lupis cukup mudah jika kamu tahu caranya. Makanan ini sering ditemui di pasar-pasar tradisional, namun tidak ada salahnya mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Selain bisa memastikan kebersihan dan kualitas bahan, kamu juga bisa menyesuaikan rasa sesuai selera. Lupis juga cocok dijadikan sajian saat berkumpul bersama keluarga atau sebagai teman minum teh di sore hari. Ikuti resepnya dari buku "MENU PAKET 60 HARI" (2014) oleh DIANA SOETJIPTO terbitan PUSPA SWARA, berikut ini. 

Resep lupis ketan 

Bahan:

20 lembar daun pisang, potong ukuran 6 x 20 cm

½ liter beras ketan, rendam selama 1 jam dan cuci bersih Lidi, potong 5 cm secukupnya

Tali rafia secukupnya

½ butir kelapa sedang, parut

½ sdt garam

Saus Gula, Rebus, dan Saring:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm