Ilustrasi Memasak
Ilustrasi Memasak ( Kompas.com)

Jangan Panaskan 6 Jenis Makanan Ini, Nomor 3 Bisa Menyebabkan Keracunan Serius

17 Juni 2020 09:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Memanaskan ulang sisa makanan memang lebih praktis untuk dilakukan serta dapat  menghemat uang daripada kita memasak kembali makanan yang baru. Beberapa jenis makanan bisa menghasilkan zat beracun saat dipanaskan ulang, sehingga kebiasaan ini ternyata berbahaya bagi kesehatan.

Ahli Nutrisi Lokendra Tomar  menyampaikan bahwa tidak semua jenis makanan bisa dipanaskan ulang terutama untuk makanan yang berprotein tinggi
tentunya, hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan kita. " Tidak semua jenis makanan bisa kita panaskan ulang, terutama makanan yang berprotein tinggi," ujar  Lokendra Tomar.
Berikut  Jenis makanan yang tidak bisa dipanaskan ulang :

1. Sayuran dengan nitrat yang tinggi

Sayuran seperti bayam atau sayuran berdaun hijau, wortel, lobak atau bahkan seledri adalah beberapa jenis sayuran yang mengandung nitrat yang tinggi. Sehingga ketika dipanaskan kembali, sayuran kaya nitrat ini dapat  memproduksi zat beracun yang bersifat karsinogenik.
Bayam mengandung zat besi dalam jumlah besar, memanaskannya kembali dapat mengoksidasi zat besi yang ada dalam bayam. Oksidasi zat besi menghasilkan radikal bebas berbahaya yang menyebabkan banyak penyakit termasuk infertilitas dan kanker.

2. Nasi

Nasi yang dipanaskan ulang  ternyata bisa menyebabkan keracunan menurut badan standar makanan Inggris. Jika di panaskan, bakteri ini dapat menghasilkan spora yang beracun karena nasi yang disimpan terlalu lama biasanya mengandung bakteri Bacillus Cereus. Nasi setelah dipanaskan dan ditinggalkan pada suhu kamar, setiap spora yang dikandungnya dapat berlipat ganda, sehingga bisa menyebabkan keracunan makanan saat dikonsumsi.

3. Telur

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm