Ilustrasi sup peach gum dan jamur tremella.
Ilustrasi sup peach gum dan jamur tremella. ( SHUTTERSTOCK/YUDA CHEN)

Mengenal Peach Gum, Kudapan Dari Negeri Tirai Bambu yang Memiliki Segudang Kelebihan Dan Manfaat Bagi Tubuh

13 Juli 2020 20:40 WIB

SonoraBangka.id - Belakangan ini tren peach gum kembali tinggi di Indonesia. Kudapan dari Negeri Tirai Bambu Peach gum ini memiliki segudang kelebihan dan manfaat bagi tubuh. Peach gum atau tao jiao adalah bahan makanan biasa dibuat dessert yang terlihat wara-wiri di akun media sosial sejak sekitar akhir 2019. Bukan karena nikmat saja, Dilansir dari Michelin Guide, peach gum berasal dari getah pohoh persik liar di China. Bentuknya padat ketika dipanen dan memancarkan cahaya kuning jika terkena sinar matahari. Peach gum juga berbentuk seperti kristal.

Menurut pakar medis di China dan dalam pengobatan China tradisional, peach gum mampu mengatasi infeksi saluran kemih, menghilangkan dahaga, dan meredakan stres . Peach gum kaya akan nutrisi dan mengandung kolagen dalam jumlah besar. Sehingga dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya sering digunakan sebagai obat tradisional, peach gum juga merupakan makanan alami dan sehat yang kaya akan asam amino. Hal ini memungkinkan kolagen akan dengan cepat diserap ke dalam tubuh

Banyaknya manfaat dalam peach gum membuat sajian ini digemari banyak orang  sehingga memunculkan kreasi resep peach gum. Tak sedikit pula hasil kreasi resep peach gum, baik untuk makanan utama . Peach gum pun nikmat dijadikan makanan penutup atau dessert, cita rasanya manis alami. Tekstur peach gum pun lembut dan halus setelah dimasak.

Salah satu sajian manis yang sering dimasak adalah sup manis. Terlepas dari banyak manfaatannya, sajian ini bisa membuat rongga mulutmu merasakan rasa manis yang alami dan tidak begitu menohok. Cara membersihkan peach gum cukup sederhana. Getah persik pertama direndam dan direbus dua kali. Setelah itu, tambahkan bahan sampingan seperti susu atau puding sagu. Selain itu, bisa juga campurkan getah persik ke dalam resep klasik seperti sayur pepaya rebus atau sup manis jamur kuping. Peach gum yang memiliki segudang manfaat ini juga mudah diolah dan ditambahkan dengan bahan makanan yang sehat lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Itu Peach Gum? Getah Pohon Persik yang Lagi Naik Daun", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/13/200800375/apa-itu-peach-gum-getah-pohon-persik-yang-lagi-naik-daun.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm