Ilustrasi kerja
Ilustrasi kerja ( SHUTTERSTOCK )

5 Hal yang Bisa Menurunkan Produktivitas Kerja

25 Juli 2020 09:08 WIB

SonoraBangka.id - Untuk mencapai produktivitas kerja yang baik tentunya harus didasari oleh motivasi kerja yang baik pula. Karena hal ini penting untuk menciptakan kerja yang berkualitas.

Nah, jika kamu membawahi sejumlah karyawan, penting pula untuk menjaga motivasi mereka tetap tinggi, disamping juga menjaga motivasi diri sendiri.

Karena, dengan rendahnya motivasi seseorang dalam tim, maka tentu akan berdampak pula pada motivasi keseluruhan tim.

Motivasi seseorang dalam bekerja bisa saja menurun jika ia tidak puas dengan apa yang dikerjakannya.

Untuk masalah motivasi kerja memang sangat penting, sehingga kita dituntut juga untuk lebih peka dalam mengidentifikasi kondisi ini, baik bagi bawahan maupun ke diri sendiri.

Nah, berikut faktor penyebabnya :

1. Takut

Banyak orang kehilangan pekerjaan/ dirumahkan karena pandemi covid-19. Karena itu sebagian orang juga merasa khawatir dengan posisi mereka di kantor, karena bukan tidak mungkin mereka juga diberhentikan suatu waktu tanpa peringatan apapun.

2. Target Yang Tidak Jelas

Saat sebelum pandemi banyak pekerja yang bekerja nyaman, dalam artian mereka bekerja sangat bahagia tanpa memikirkan dampak kontribusi terhadap perusahaan.

Namun, ketika bayak orang – orang yang work from home atau bekerja dirumah, maka pimpinan perusahaan mulai banyak berharap lebih dari para pekerjanya.

Dengan bekerja dari rumah, seringkali pekerjaan menjadi tidak jelas. Para pekerja merasa tidak memiliki target yang jelas dan memahami tugas pekerjaan menjadi lebih sulit dengan sumber daya yang terbatas.

3. Perubahan

Tidak hanya perubahan negative, perubahan positif pun bisa membuat pekerja merasa stress. Walaupun seharusnya, kita sebaiknya bisa menerima perubahan  bahkan menyesuaikan diri dengan hal itu, bukan untuk dihindari.

Namun, secara praktik hal ini menjadi lebih sulit ketika perusahaan sedang dalam posisi berusaha bertahan.

Sementara itu, memaksakan karyawan menerima perubahan yang dibuat oleh perusahaan bisa berdampak buruk, dan pada gilirannya menurunkan motivasi.

4, Jenuh

Di masa pandemi seperti ini, jika meminta tim bekerja lebih banyak padahal sumber daya manusia terbatas, tentu akan berdampak pada kesehatan mental.

Hal ini bisa menyebabkan kejenuhan, sehingga berakibat pada turunnya produktivitas dan motivasi kerja.

5. Merasa Tidak Diapresiasi

Sebagai pemimpin, sebaiknya beri apresisai kepada tim. Karena dimasa seperti ini mereka telah berusaha bekerja sambil beradaptasi dengan kebiasaan baru demi perusahaan.

Karena menurunya motivasi bisa juga disebabkan dengan tidak adanya apresiasi kerja dari pimpinan, padahal mereka sudah bekerja lebih baik sesuai dengan yang diharapkan perusahaan.

Dan akhirnya ini juga akan berdampak pada penurunan produktivitas.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Kondisi yang Bikin Kerja Tidak Produktif", 

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/24/104312420/5-kondisi-yang-bikin-kerja-tidak-produktif?page=3.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm