Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock/kompas.com )

Ternyata Durasi Menggosok Gigi Juga Berpengaruh Cegah Gigi Berlubang

8 September 2020 08:34 WIB

SonoraBangka.id - Merawat gigi bukan hanya penting buatmu sendiri, tapi juga membantu mencegah penyakit dan penyebaran infeksi pada orang lain.

Menyikat gigi saja tidaklah cukup untuk merawat gigi dan mencegahnya berlubang.

Jadi, diperlukan upaya lain agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga.

Data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang menyebutkan bahwa 57 persen orang Indonesia punya masalah kesehatan gigi dan mulut.

Sementara itu, fakta juga mengungkapkan, 9 dari 10 orang punya masalah gigi berlubang dan masalah gigi.

Menurut dokter gigi Anggi Pratiwi dalam Edukasi Virtual Listerine: Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi, ada tiga hal yang membuat sikat gigi saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan gigi, diantaranya:

1. Waktu kurang tepat

Dokter Anggi mengatakan, kebanyakan dari kita tidak tepat waktu saat membersihkan gigi, biasanya dilakukan setelah mandi.

Anggi mengungkapkan bahwa waktu yang ideal untuk menyikat gigi itu sehabis sarapan dan sebelum tidur.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm