Ilustrasi Masak
Ilustrasi Masak ( Kompas.com)

4 Tips Yang Bisa Dilakukan Untuk Meningkatkan Kemampuan Memasak

12 September 2020 15:02 WIB

SonoraBangka.id - Kemampuan memasak dapat ditingkatkan bagi kamu yang bercita-cita dapat memasak seperti seorang koki handal. Berikut ini empat tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan memasakmu. Pelajari dan praktikan tips ala Le Cordon Bleu berikut.

1. Lengkapi diri dengan alat yang baik

Kegiatan masak di dapur akan terbantu dan keterampilan masak ikut terasah.
dengan dukungan alat masak yang baik sesuai standar. Misalnya keterampilan memotong dengan cepat akan meningkat ketika didukung dengan pisau yang tajam. Jika pisau tumpul yang digunakan, maka keterampilan memasak sulit untuk ditingkatkan. Selain itu, jika kamu ingin meningkatkan keterampilan membuat roti, maka bekali diri dengan peralatan masak untuk membuat roti. Setidaknya peralatan dasar berkualitas baik.

2. Kenali bahan-bahan makanan

Dalam meningkatkan keterampilan memasak, pengetahuan terhadap bahan makanan sangat membantu. Kita dapat menyesuaikan resep dan teknik memasak makanan tersebut dengan mengetahui bahan-bahan makanan yang akan dimasak. Pengetahuan bahan makanan yang diperlukan misalnya karakteristik makanan, cara pengolahan dan penyimpanannya, serta mengenali musim panen setiap bahan makanan. Peran pengetahuan makanan dalam meningkatkan keterampilan memasak. Misalnya, jika kita tahu karakteristik bawang cepat matang saat digoreng, maka hindari menggoreng dengan api terlalu besar.

3. Pelajari teknik dasar memasak

Hal mendasar untuk meningkatkan keterampilan di dapur adalah dengan mempelajari dasar-dasar memasak. Mempelajari teknik dasar memasak juga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja. Contoh jika kamu tahu bagaimana posisi jari saat memotong bawang, maka kemungkinan jari terluka karena pisau dapat dihindari karena kamu sudah tahu triknya.

4. Praktik dan latihan!

Jika kita tidak mempraktikannya dan sering latihan maka keterampilan memasak sulit berkembang, jadi rajinlah berlatih dan praktik memasak dan jangan takut bereksperimen.
Bahkan seorang koki profesional terkenal tidak memperoleh keterampilan memasak hanya dalam waktu semalam. Ia pun butuh praktik dan latihan yang rajin. Jika sering berlatih dan praktik, kamu juga bisa dapat pelajaran yang tidak ada dalam teks buku masak.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belajar Masak? Ini 4 Cara Tingkatkan Kemampuan Memasak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/12/080000075/belajar-masak-ini-4-cara-tingkatkan-kemampuan-memasak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm