Ilustrasi
Ilustrasi ( Getty Images/iStockphoto )

Apa Manfaat Berenang Dengan Air Dingin ? Berikut Penjelasannya

7 Oktober 2020 17:04 WIB

SonoraBangka.id - Sebagian orang merasa kesulitan berenang di air yang dingin.

Namun, tidak sedikit juga orang yang senang berenang di air dingin karena membuat tubuh terasa lebih segar.

Tapi ternyata, manfaat yang didapatkan lebih dari itu.

Ada dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental, jika berenang di air yang dingin.

Ketika seseorang merasa stres karena pekerjaan yang menumpuk, berenang di air dingin bisa membantu meredakannya, demikian dikatakan Psikolog Sarah Gingell.

“Berenang di air dingin dapat menyetel ulang pikiran dan meredakan kekhawatiran. Dalam jangka panjang, kegiatan itu bisa membantu pikiran menyesuaikan ulang cara merespons stres menjadi lebih baik,” kata Gingell seperti dikutip Evening Standard.

Ada penelitian yang menunjukkan paparan air dingin terhadap tubuh dalam jangka waktu tertentu mengurangi respons stres yang dipicu adrenalin atau pemicu lain.

Penelitian lain dari University of Portsmouth dan Royal Sussex County Hospital menemukan berendam di air dingin bisa membuat seseorang jarang mengalami infeksi virus seperti pilek.

Kalau pun sampai terinfeksi, maka gejalanya lebih ringan.

Sementara itu, berenang di air dingin juga meningkatkan kemampuan menenangkan diri saat merasa stres.

Jurnal Free Radical Biology and Medicine menemukan perendaman air dingin secara teratur membantu meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh.

Air dingin juga mengaktifkan brown fat yang membuat pembakaran kalori menjadi lebih cepat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm