Ilustrasi kantong plastik
Ilustrasi kantong plastik ( THINKSTOCK.COM )

Ternyata, Inilah Manfaatnya Jika Kita Tidak Membuang Kantong Plastik

1 November 2020 10:42 WIB

SonoraBangka.id - Karena rantai karbonnya yang panjang, maka kantong plastik maupun semua jenis plastik dikenal sulit terurai ke dalam tanah.

Maka dari itu, untuk mengurangi kian bertumpuknya sampah plastik karena tidak bisa terurai, penggunaannya pun kini diminimalisasi.

Di kota-kota besar seperti DKI Jakarta, pemakaian kantong plastik sekali pakai atau kresek sudah diatur sejak 1 Juli 2020 yang lalu.

Walau begitu, tak jarang masih saja ada tempat perbelanjaan, terutama toko online yang menyediakan kantong plastik untuk membungkus belanjaan.

Nah, mulai sekarang kita bisa mengumpulkan kantong-kantong plastik itu ke bank plastik di daerah tempat kita tinggal, untuk mencegah penumpukan sampah plastik tersebut.

Selain itu, biasakan untuk menggunakan kantong plastik yang kita punya di rumah secara berulang untuk membawa barang-barang. Jadi tidak langsung dibuang.

"Saya kalau mau memberikan botol-botol plastik ke bank plastik juga memakai kantong plastik yang kemudian saya bawa pulang agar bisa digunakan lagi." Demikian yang dikatakan oleh Direktur Eksekutif Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Tiza Mafira.

Dia berbicara dalam webinar bersama Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) melalui aplikasi Zoom, Sabtu (31/10/2020).

Selain itu, karena kantong plastik memiliki ketahanan yang kuat, maka kantong plastik juga dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus barang supaya terhindar dari air dan rayap.

Tapi, di sisi lain, sebagian besar masyarakat justru memanfaatkan kantong plastik menjadi tempat sampah.

Menurut Tiza, hal itu tidak tepat dalam proses mengurangi sampah plastik.

Karena, pada akhirnya kantong plastik itu akan terbuang juga.

Tiza mengatakan. sebisa mungkin kita menggunakan alternatif lain, misalnya untuk sampah anorganik itu bisa dikumpulkan di ember.

Sementara, ditambahkannya, kalau yang residu bisa di bungkus menggunakan koran sehingga tidak memerlukan kantong plastik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Buang Kantong Plastik, Cobalah Manfaatkan...", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/31/184102020/jangan-buang-kantong-plastik-cobalah-manfaatkan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm