dongkrak mobil (Kompas.com/Fathan Radityasani)
dongkrak mobil (Kompas.com/Fathan Radityasani) ( kompas.com)

Sebelum Ban Kempis di Jalan, Belajar Dulu Cara Menggunakan Dongkrak

29 November 2020 17:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Peristiwa pecah ban ketika mengendarai mobil bisa saja terjadi. Dalam kondisi tersebut, pemilik mobil disarankan bisa mengganti ban mobil sendiri.

Sebelumnya, harus tahu dulu di mana letak dongkraknya berada. Karena, masing-masing jenis mobil atau berbeda pabrikan, kadang berbeda juga tempat menyimpan dongkrak.

Untuk setiap mobil baru, tiap produsen pasti akan melengkapinya dengan satu dongkrak. Karena, hal tersebut sudah menjadi standar sesuai regulasi yang berlaku di Indonesia.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, mengatakan, meletakkan dongkrak di bagian bawah mobil tidak bisa sembarangan. Dongkrak harus diletakkan di bagian tertentu.

"Kalau tipe sedan, biasanya di bagian rocker panel ada tandanya. Sebaiknya, setiap pemilik mobil membaca buku panduan pemilik kendaraan bermotor. Sebab, di situ sudah dijelaskan semuanya," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Didi, rocker panel sendiri merupakan sisi mobil bagian bawah. Tepatnya, berada di sepanjang bagian bawah pintu mobil, mulai dari depan hingga belakang.

Bila sudah menemukan dongkrak, salah satu faktor penting lain yang wajib diketahui adalah menempatkan posisi titik tumpu pada mobil.

Dongkrak perlu diposisikan dengan benar untuk mengurangi kemungkinan mobil akan bergeser, merusak komponen lain, atau bahkan ambles. Sehingga, kerusakan lebih besar serta biaya yang mahal bisa dihindari.

"Posisi tumpuan dongkrak yang tepat ada pada sasis mobil, biasa disebut tulang kendaraan. Letaknya, biasanya di bagian sisi samping kanan atau kiri bawah. Cari bagian tumpuan yang agak tebal dan biasanya agak timbul," kata Didi.

Posisi titik tumpu dongkrak pada umumnya berada di area dekat ban. Setelah itu, baru gunakan dongkrak sesuai dengan petunjuk.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebelum Ban Kempis di Jalan, Belajar Dulu Cara Pakai Dongkrak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/28/180200415/sebelum-ban-kempis-di-jalan-belajar-dulu-cara-pakai-dongkrak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm