Ilustrasi
Ilustrasi ( MilanMarkovic )

Benarkah Warna Ingus Dapat Menunjukkan Kondisi Kesehatan Kita

16 Januari 2021 17:53 WIB

SonoraBangka.Id - Ada banyak hal yang bisa menggambarkan kondisi kesehatan kita, salah satunya warna ingus atau lendir dari hidung.

Lendir sebenarnya berfungsi melindungi hidung dan sinus daridebu, bakteri, dan berbagai zat berbahaya lainnya.

Warna pada lendir bisa menunjukan apakah kita dalam kondisi sehat, menderita flu, alergi, atau gangguan kesehatan lainnya.

Berikut kondisi kesehatan tubuh berdasarkan warna pada ingus:

  1. Jernih

Warna lendir atau ingus yang jernih menunjukan bahwa tubuh dalam kondisi baik-baik saja. Sebagian besar ledir hidung terdiri dari air, protein, antibodi, dan garam terlarut.

Jaringan pada hidung juga memproduksi lendir setiap harinya. Sebagian besar mengalir ke bagian belakang tenggorokan untuk dilarutkan di perut.

  1. Putih

Warna ingus putih menunjukan kita sedang mengalami sesak napas. Jaringan yang bengkak dan meradang di hidung dapat memperlambat aliran lendir.

Hal ini menyebabkan hidung kehilangan kelembapan sehingga lendir yang diproduksi menjadi kental dan keruh. Kondisi semacam ini juga bisa menjadi tanda infeksi hidung atau pilek.

  1. Kuning

Warna ingus yang kunging menunjukan adanya pilek atau infeksi yang sedang berkembang di tubuh kita.

Saat terjadi infeksi, sel-sel kekebalan tubuh, termasuk sel darah putih, akan bergerak emnuju lokasi infeksi.

Setelah sel-sel kekebalan merasa kelelahan dalam melawan infeksi, mereka akan terbawa arus mukosa dan membuat warna ingus menjadi kekuningan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm