Ilustrasi
Ilustrasi ( iStockphoto )

10 Barang Ini Banyak Mengandung Kuman. Harus Rajin Dibersihkan !

20 Januari 2021 14:20 WIB

SonoraBangka.id - Setiap hari banyak sekali barang-barang yang kita sentuh.

Cobalah luangkan waktu sejenak untuk berpikir kembali ke semua permukaan barang-barang yang kita sentuh hari ini.

Rata-rata orang menyentuh sekitar 140 objek per hari dan barang tersebut ternyata memiliki banyak kuman.

"Kuman dan bakteri ada di mana-mana. Di dalam tubuh dan dan di sekitar kita," kata David Cutler, MD, dokter keluarga di Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, California.

Umumnya, kuman pada permukaan dapat hidup selama berhari-hari dan bahkan berminggu-minggu. Walau pun begitu tidak semua kuman berbahaya.

Nah, untuk mengetahuinya, berikut ini 10 benda paling banyak bakteri yang mungkin sudah kita sentuh dan bisa menyebabkan penyakit.

1. Ponsel

Ponsel menjadi benda yang jarang kita lepaskan, bahkan saat ke kamar mandi. 

"Di antara barang-barang pribadi, sikat gigi, dompet, ponsel, dan kunci memiliki koloni bakteri terbesar," kata ahli imunologi, Lina Velikova, MD.

Dalam sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Germs, para peneliti memeriksa ponsel siswa sekolah.

Hasilnya, mereka menemukan tingkat kontaminasi bakteri yang tinggi, termasuk jejak staph dan E. coli yang dapat membuat kita sakit.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm