Ilustrasi Virtual Reality (VR)
Ilustrasi Virtual Reality (VR) ( Kompas.com)

Wow, Apakah Latihan VR Bisa Jadi Tren Olahraga di Tahun 2021 ?

20 Januari 2021 19:16 WIB

SonoraBangka.id - Ada banyak aktivitas fisik yang dapat dilakukan di rumah.

Salah satu hal baik dari tahun 2020 adalah meningkatnya partisipasi kelas kebugaran di rumah.

Mulai dari meditasi, latihan senam, yoga, pilates, hingga latihan kardio dengan intensitas tinggi.

Namun, tidak dapat dipungkiri, berolahraga di rumah setiap hari akan menimbulkan kebosanan dan itu sangat normal terjadi.

Nah, jika kita merasa latihan sudah terasa basi, mungkin tahun 2021 ini adalah saat yang tepat untuk melakukan trik baru dalam olahraga, sehingga kita termotivasi lagi.

Berbicara soal trik baru, kita bisa mengalihkan latihan dengan menggunakan virtual reality (VR), yang menawarkan permainan menantang.

Bermain mungkin memang tidak akan menyaingi aktivitas fisik dalam hal pembakaran kalori.

Tapi penelitian menunjukkan, bahwa latihan virtual reality (VR) bisa lebih efektif daripada gym, apabila dilakukan dengan benar.

Menurut aplikasi VR Exercise Tracker yang melacak kalori yang dibakar selama latihan realitas virtual, hasilnya mengesankan. Permainan seperti Beat Saber dan Pistol Whip rata-rata membakar kalori sekitar 6,55 dan 7,17 per menit dan itu setara dengan bermain tenis.

Menyiapkan latihan VR

Sama seperti menyiapkan olahraga rumahan lainnya, kita hanya membutuhkan area khusus yang lebih besar dari tikar yoga.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm