Ilustrasi cendol yang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu.
Ilustrasi cendol yang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu. ( SHUTTERSTOCK/MARK BRANDON)

Tanpa Menggunakan Kapur Sirih, Berikut Cara membuat Cendol Beras

26 Januari 2021 11:46 WIB

SonoraBangka.id - Umumnya, masyarakat menambahkan air kapur sirih supaya tekstur cendol lebih kenyal. Cara membuat cendol beras terbilang gampang-gampang susah. Namun pada resep kali ini, air kapur sirih diganti dengan baking powder. Penggunaan baking powder dapat membuat tekstur cendol beras menjadi lebih kenyal dan kesat.  Resep cendol ini biasa digunakan untuk membuat es cendol serabi khas Blitar, tetapi bisa juga digunakan untuk membuat variasi es cendol lainnya.  Berikut cara membuat cendol beras tanpa kapur sirih mengutip buku "25 Resep Kreasi Cendol" oleh Dapur Aliza terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep cendol beras tanpa kapur sirih

Bahan

  • 500 gram tepung beras
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sdt ragi instan 
  • 1 sdt baking powder
  • 1 liter santan kental
  • 1/4 sdt garam 
  • 1 butir kelapa setengah tua, parut memajang

Cara membuat cendol beras tanpa kapur sirih

  1. Campur semua bahan kecuali kelapa parut, aduk hingga rata. Diamkan selama 30 menit. Masukkan kelapa parut, aduk hingga rata kembali.
  2. Panaskan cetakan poffertjes jika ingin cendol berbentuk serabi. Bisa juga dimasak menggunakan panci biasa jika ingin cendol berbentuk bulir. 
  3. Tuang adonan ke dalam panci atau cetakkan. Tutup lalu masak hingga adonan mengembang dan matang. Jika menggunakan panci, jangan lupa aduk-aduk adonan cendolnya. 
  4. Matikkan api dan angkat. Sebelum dicampur dengan kuah, dinginkan dulu cendolnya. Jika sudah, cendol siap dinikmati bersama kuah sesuai selera. 

    Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Cara Membuat Cendol Beras Tanpa Kapur Sirih", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/25/150300575/cara-membuat-cendol-beras-tanpa-kapur-sirih.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm