Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Yang Perlu Anda Tahu Tentang 12 Makanan yang Mengandung Gas Tinggi

6 Maret 2021 13:27 WIB

SonoraBangka.Id - Apakah Anda punya keluhan sering bersendawa, mengalami perut kembung, dan kentut berlebihan?

Jika iya, sebaiknya tengok lagi asupan makanan yang Anda masukkan ke dalam tubuh. Pasalnya, keluhan tersebut bisa jadi disebabkan oleh makanan yang mengandung gas.

Keberadaan gas itu sendiri sebenarnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Tapi memang, terlalu banyak gas dalam saluran pencernaan tetap saja bisa menimbulkan ketidaknyamanan.

Misalnya saja, kebanyakan orang rata-rata kentut setidaknya 14 kali per hari. Sementara, beberapa orang dengan gas lambung lebih banyak daripada yang lain mungkin akan ketut lebih sering hingga menimbulkan ketidaknyamanan, termasuk perasaan memalukan.

Jika Anda mengalami banyak gas dalam perut, mengubah pola makan biasanya dapat membantu. Sebetulnya, masing-masing orang dapat berbeda-beda dalam merespons makanan yang masuk ke dalam tubuh Meski demikian, memang terdapat beberapa jenis makanan yang bisa memicu kelebihan gas dalam saluran pencernaan.

Secara umum, jenis makanan yang mengandung gas biasanya memiliki salah satu karakteristik ini:

  • Menghasilkan gas saat tubuh mencernanya
  • Sulit untuk dicerna
  • Membuat seseorang menelan udara saat mengonsumsi makanan itu

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm