PT Timah melepaskan ratusan anakan cumi yang menjadi bagian dari restocking cumi di Pantai Tikus Emas, Kabupaten Bangka, Minggu (11/4/2021).
PT Timah melepaskan ratusan anakan cumi yang menjadi bagian dari restocking cumi di Pantai Tikus Emas, Kabupaten Bangka, Minggu (11/4/2021). ( Istimewa)

Reklamasi Laut, PT Timah Lepaskan Ratusan Anakan Cumi di Pantai Tikus Emas

12 April 2021 15:03 WIB

SONORABANGKA.ID - PT Timah melaksanakan kegiatan pelepasan ratusan anakan cumi di Pantai Tikus Emas, Kabupaten Bangka sebagai bagian dari restocking cumi pada Minggu (11/4/2021) kemarin.

Kegiatan restocking cumi tersebut merupakan salah satu upaya PT Timah dalam melakukan reklamasi laut.

Kegiatan ini dikembangkan dengan konsep anak cumi yang dilepaskan berasal dari telur cumi yang menempel pada fish shelter yang ditenggelamkan PT Timah, setelah itu ditetaskan di wadah terkontrol yang telah disiapkan, setelah menetas anakan cumi ini kembali dilepaskan ke laut.

Restocking cumi perlu dilakukan sebab telur cumi yang menempel di fish shelter rentan untuk dimangsa predator sehingga tidak bisa menetas atau tingkat mortalitasnya tinggi. 

 

Untuk itu, perlu dilakukan restocking cumi sehingga telur cumi bisa menetas dan populasi cumi bangka semakin meningkat. 

Dalam melaksanakan restocking cumi, PT Timah bekerja sama dengan Universitas Bangka Belitung dan Yayasan Sayang Babel Kite. 

Dalam melaksanakan reklamasi laut ini, PT Timah juga bekerja sama dengan masyarakat nelayan. 

Kegiatan restocking cumi ini diapresiasi oleh Kementerian ESDM yang diwakili oleh Kasi Perlindungan Lingkungan dari Kementerian ESDM, Jajat Sudrajat. 

Menurut Jajat restocking ini merupakan program berkelanjutan yang masih dalam satu siklus program dari reklamasi laut yang dilakukan PT Timah. 

“Telur cumi yang diambil dari lokasi fish shelter yang sebelumnya ditenggelamkan PT Timah, kemudian ini ditetaskan di darat, lalu dilepaskan lagi ke laut. Ini satu cycle program reklamasi yang dilakukan secara continue. Ini hal yang sangat baik, mungkin ini pertama di Babel bahkan di Indonesia dan kita apresiasi kepada PT Timah dan tim,” terangnya saat menghadiri pelepasan anak cumi seperti termuat dalam rilis, Senin (12/4/2021).

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm