Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika di bulan April (dok BBC Indonesia)
Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika di bulan April (dok BBC Indonesia) ( kompas.com)

Fakta-fakta Menarik Sirkuit Mandalika yang Siap Gelar Ajang Balap WorldSBK

2 Juli 2021 19:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sirkuit Mandalika di NTB yang berjenis sirkuit jalan raya akan menjadi tuan rumah dua ajang balap paling bergensi yaitu WorldSBK dan MotoGP.

Pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) yakin pekerjaan Sirkuit Mandalika, akan selesai sebelum proses homologasi berlangsung akhir Juli-Agustus 2021.

"Jangan khawatir! seluruh pekerjaan hingga lapisan terakhir (Stone Mastic Asphalt/SMA) akan selesai sebelum Homologasi yang akan dilaksanakan pada akhir Juli hingga awal Agustus 2021 mendatang," tulis MGPA dalam akun resmi, baru-baru ini.

Mengutip kemenparekraf.go.id, sambil menanti berlangsungnya perhelatan balap motor kelas dunia tersebut, berikut fakta-fakta menarik Sirkuit Mandalika:

1. 17 tikungan, 40 garasi 

Sirkuit Mandalika memiliki panjang 4,31 km dan total 17 tikungan. Area paddock atau garasi untuk tim balap mencapai 40 garasi. Garasi-garasi tersebut dibangun secara permanen dan di bagian atasnya terdapat ruang pers dan liputan.

2. Hampir rampung

Pada akhir Mei 2021 pembangunan Sirkuit Mandalika telah mencapai 70 persen. Pekerjaan service road yang sudah teraspal sekitar 4.230 meter dari total 8.120 meter. Pengaspalan lapis pertama AC-Base di main track juga sudah mencapai 4,3 km dari total 4,3 km.

Selain pengaspalan, ada juga pekerjaan lain yang dikerjakan secara bersamaan, yakni pengaspalan AC-Binder service road, penghamparan gravel bed, proses fabrikasi dan pemasangan concrete barrier dan pagar Debrish Fence, serta Pitwall Geoburgg.

Selain itu, ada juga pengerjaan landscaping pohon dan rumput, pekerjaan drainase permukaan sirkuit, dan pekerjaan fondasi Borepile bangunan Race Control.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm