Erick Thohir saat peluncuran 300 ribu paket obat gratis.
Erick Thohir saat peluncuran 300 ribu paket obat gratis. ( Prambors Online)

Luncurkan 300 Ribu Paket Obat Gratis Covid-19, Erick Thohir: Tak Ada Lagi Isu Kehabisan Obat

15 Juli 2021 15:53 WIB

SonoraBangka.ID - 

Pemerintah resmi membagikan 300.000 paket obat gratis untuk warga isolasi mandiri di Pulau Jawa dan Bali mulai hari ini, Rabu (15/7/2021).

Peluncuran paket obat untuk rakyat itu dilaksanakan di Istana Merdeka, pukul 10.00 WIB tadi, dan disiarkan secara langsung melalui akun YouTube Sekretariat Presiden.

Acara tersebut diawali dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan paket obat gratis untuk empat perwakilan penerima obat.

Dari layar kaca, terlihat ada tiga jenis paket obat yang tersedia, yaitu paket obat 1, paket obat 2, dan paket obat 3, yang masing-masing paketnya untuk pengobatan selama 7 hari. Berikut rincian dari masing-masing paket obat:

  1. Paket obat 1 berisi vitamin untuk warga dengan PCR positif tanpa gejala (OTG). 
  2. Paket obat 2 berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai dengan keluhan panas dan kehilangan penciuman. Namun, paket ini membutuhkan konsultasi dan resep dari dokter
  3. Paket obat 3 berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai dengan keluhan panas dan batuk kering. Tentunya, paket ini juga membutuhkan konsultasi dan resep dari dokter

Jokowi pun mengatakan bahwa selain menjalankan PPKM Darurat, pemerintah juga memberikan sejumlah bantuan untuk masyarakat mulai hari ini, seperti bahan pokok sembako melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST/Bansos Tunai), serta bantuan paket vitamin dan obat-obatan yang baru saja diluncurkan.

Tak hanya di Pulau Jawa dan Bali, pemerintah juga akan menambahkan 300.000 paket tambahan untuk luar Jawa. Jokowi menyebut bahwa pemerintah akan terus memastikan pasokan paket obat gratis ini selalu berjalan dan didistribusikan dengan baik oleh panglima TNI. 

Menteri BUMN, Erick Thohir, juga memberikan sepatah dua kata untuk masyarakat yang hadir di Istana Merdeka serta yang menyaksikannya secarra daring. Ia menyebut bahwa pemerintah sangat ingin masyarakat sembuh dari Covid-19, untuk itu ia berharap tak ada lagi isu-isu yang menyebut bahwa masyarakat kehabisan obat.

Tak hanya itu, Erick juga menambahkan bahwa akan adanya situs resmi agar warga bisa melihat ketersediaan obat yang ada di apotek-apotek, serta memastikan harga obat akan dibanderol di bawah harga pasar.

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm