Ilustrasi nyeri saat menstruasi
Ilustrasi nyeri saat menstruasi ( Shutterstock )

Jangan Sepelakan, Ini 4 Tanda Menstruasi Tidak Normal dan Berbahaya !

14 Agustus 2021 14:45 WIB

SonoraBangka.id - Setiap bulan saat mengalami menstruasi, kita pasti memiliki keluhan-keluhan tertentu, misalnya seperti nyeri haid.

Meski begitu, kita harus tetap waspada karena ada beberapa keluhan yang ternyata mengindikasikan tanda menstruasi tidak normal.

Jika tanda menstruasi tak normal tersebut dibiarkan, maka bisa mengarah pada penyakit serius.

Dikutip dari Kompas.com, Dokter Mery Sulastri, Educator & Trainer Mundipharma Indonesia menyebutkan, ada beberapa tanda menstruasi tak normal. Apa saja?

1. Menstruasi terlalu jarang

Dalam kondisi normal, menstruasi terjadi setiap 21 hingga 30 hari sekali.

Salah satu tanda menstruasi tidak normal yaitu haid yang bisa sangat sering atau malah sangat jarang.

"Ada oligomenore, yaitu menstruasi yang lebih jarang. Lebih dari 35 hari, bahkan bisa dua bulan baru ada," ujar Mery, Selasa (24/4/2018).

Namun, hal itu tidak berlaku pada remaja yang baru saja menstruasi.

Pasalnya, remaja masih memiliki jadwal menstruasi yang tidak rutin yang disebabkan oleh siklus hormonal yang belum stabil.

2. Darah menstruasi terlalu banyak

Biasanya, volume darah menstruasi hanya sekitar 40cc atau sekitar tiga sendok makan dalam sehari.

Mery mengatakan, cara mudah untuk mengetahui apakah darah menstruasi terlalu banyak atau tidak yaitu dengan melihat kebiasaan di malam hari.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm