Ilustrasi
Ilustrasi ( shutterstock )

Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Mulut dengan Obat Kumur Saat Pandemi

12 Oktober 2021 13:48 WIB

SonoraBangka.id - Kita semua harus senantiasa disiplin protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran covid-19.

Yakni dengan melakukan 3M dan #ingatpesanibu, yaitu memakai maskermenjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun.

Namun tak cukup sampai di situ. Menurut Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia Sri Hananto, kita juga perlu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Pasalnya, mulut merupakan salah satu jalan masuknya mikroorganisme, seperti kuman dan bakteri, termasuk virus covid-19 ke dalam tubuh kita.

"Tentunya menjaga kebersihan gigi dan mulut menjadi kebiasaan baru di masa pandemi ini. Jadi tidak hanya menerapkan 3M saja, tetapi juga rutin menyikat gigi dan berkumur dua kali sehari," ujar Sri Hananto dalam webinar bersama Johnson & Johnson Indonesia, Kamis (19/11) siang.

Hananto mengatakan, menjaga kesehatan gigi dan mulut tak cukup hanya dengan menyikat gigi.

Pasalnya, menyikat gigi hanya membersihkan 30-53% plak saja.

Oleh karena itu, butuh tambahan obat kumur untuk membasmi bakteri di dalam mulut.

"Jadi perlu ditambah dengan obat kumur supaya betul-betul secara mekanik dan secara kimiawi mikoorganisme ini bisa dibunuh atau dikurangi aktivitasnya," jelas Hananto.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm