( )

Raisa Kolaborasi Dengan Sam Kim Musisi Asal Korea Selatan Dan Rilis Single Terbaru Berjudul Someday

15 November 2021 07:23 WIB

 

SonoraBangka.Id - Dalam rangkaian menuju perilisan album keempatnya yang bertajuk It's Personal, penyanyi Raisa meluncurkan single berjudul "Someday". Lagu tersebut merupakan kolaborasi Raisa dengan musisi asal Korea Selatan, Sam Kim. Composing dan arranging lagu tersebut juga dibantu oleh produser musik Jukjae. Kolaborasi lagu "Someday" bermula dari keinginan Raisa untuk berkolaborasi dengan musisi lain lintas negara Asia.

Pertemuan Raisa dan Sam Kim dimulai dari Instagram, saling bertukar referensi musik sampai akhirnya memutuskan untuk workshop secara daring. Proses penggarapan lagu "Someday" dimulai pada awal tahun 2021. Walaupun terhalang jarak, Raisa di Jakarta, Indonesia dan Sam Kim di Seoul, Korea Selatan.

Kondisi pandemi Covid-19 dan jadwal masing-masing membuat proses penggarapan baru dimulai pertengahan tahun. "Saya dan Raisa rutin komunikasi lewat telponan, chat, atau video call, saat merencanakan lagu," kata Sam Kim dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (12/11/2021).

"Rekaman dilakukan secara real-time, walaupun kami berbeda lokasi tapi kami bisa diskusi dan merekam langsung," ujarnya lagi. Walaupun terpisah jarak, Sam Kim mengatakan bahwa hasilnya sangat memuaskan.

"Saya ingin berterima kasih kepada Raisa atas suara indahnya di lagu ini," ujar Sam Kim. Sementara Raisa mengaku senang bisa bekerja sama dengan Sam Kim. Ia juga tidak menyangka obrolan kasualnya dengan Sam Kim berujung pada kolaborasi lagu. "Kami memiliki visi yang sama, semoga lagu ini bisa mengantarkan kami berdua bertemu para pendengar di Indonesia dan Korea," ucap Raisa.

Single "Someday" bercerita tentang pasangan yang memiliki ego tinggi sehingga tidak dapat menyampaikan isi hati mereka masing-masing dengan baik. Untuk lagunya sendiri, produser musik Jukjae, yang pernah membantu Sam Kim di album Sun and Moon (2018), menarik beberapa referensi slow R&B pada lagu "Someday".

Mood lagu tersebut yang manis dan juga mellow memiliki nuansa soundtrack khas drama Korea. "Someday" juga adalah terobosan untuk JUNI Records dan Raisa pada tahun ini. CEO JUNI Records, Adryanto Pratono mengaku sempat komunikasi proyek dengan Antena, label dan agensi Sam Kim. Oleh karena itu, ini bukan pertama kalinya JUNI Records bekerja sama dengan agensi musik Korea Selatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Raisa Rilis "Someday", Kolaborasi dengan Musisi Korea Selatan Sam Kim", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/11/12/171742166/raisa-rilis-someday-kolaborasi-dengan-musisi-korea-selatan-sam-kim?page=2.
Penulis : Firda Janati
Editor : Novianti Setuningsih

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm