Ketua Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Bangka Belitung, Ja’far Siddiq bersama Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil saat menandatangani prasasti Rumah Bhineka Tunggal Ika di Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Rabu (1/12/2021).
Ketua Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Bangka Belitung, Ja’far Siddiq bersama Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil saat menandatangani prasasti Rumah Bhineka Tunggal Ika di Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Rabu (1/12/2021). ( stimewa/Humas Pemkot Pangkalpinang)

Umat Lintas Agama di Pangkalpinang Gotongroyong Bangun Rumah Bhinneka Tunggal Ika

2 Desember 2021 08:44 WIB

 

SONORABANGKA.ID - Umat berbagai agama dari Islam, Hindu, Budha, Kristen dan Konghucu di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung memiliki cara unik agar dapat menyatukan perbedaan.

Mereka bergotong royong membangun rumah warga dari yang tak layak huni menjadi layak huni atau membangun Rumah Bhineka Tunggal Ika di Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan. 

Hal ini juga sebagai bukti toleransi antar umat beragama di Bumi Serumpun Sebalai.

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Bangka Belitung, Ja’far Siddiq mengatakan, hal ini ialah pilot project antara umat lintas agama yang mana memang sinergitas antar umat beragama harus dilakukan dimanapun dan kapanpun.

“Mudah-mudahan bisa menjadi contoh di semua wilayah di Indonesia. Sinergitas kita bukan hanya ngobrol di warung kopi, silaturahmi tetapi juga menumbuhkan ide-ide baru dan kemudian dituangkan dengan hasil yang nyata dengan bedah rumah,” ucap dia usai meresmikan rumah Bhineka Tunggal Ika, Rabu (1/12/2021).

Ja’far menilai, kerukunan umat beragama di Bangka Belitung sudah bagus dan memang tinggal dijaga serta dirawat oleh masyarakatnya itu sendiri layaknya tradisi nganggung atau membawa dulang berisi makanan untuk disantap bersama tanpa memandang suku, ras, agama dan antargolongan (SARA).

“Tradisi seperti ini tidak boleh hilang harus ditingkatkan, karena ini kearifan lokal yang ada di Provinsi Bangka Belitung,”jelas Ja’far.

Oleh karena itu, sambung dia dengan anugerah yang luar biasa seperti ini sudah selayaknya dijaga dan mudah-mudahan sinergitas ini terus berlanjut bukan hanya untuk agama Islam melainkan agama-agama lain yang ada di Bangka Belitung.

“Ini bukan kali ini saja InsyaAllah akan diinisiasi dari kami bukan dari NU tetapi juga seluruh rekan-rekan lintas agama lebih banyak lagi dan bukan hanya Islam, siapa saja dari lintas agama bisa secara bergantian membangun rumah layak huni,” tambah Ja’far.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengatakan kegiatan seperti ini merupakan salah satu contoh kebersamaan dalam perbedaan yang ada di Kota Pangkalpinang.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm