Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock)

Pakar Ungkap Bahaya Over Sharing Lewat Tren Add Yours Instagram

3 Desember 2021 11:05 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui tren challenge Add Yours Instagram yang baru-baru ini diluncurkan membuat banyak pihak khawatir.

Pasalnya, data-data sensitif yang dibagikan di sosial media dapat disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab.

Pakar Komunikasi Digital dari Universitas Indonesia, Dr. Firman Kurniawan menjelaskan penyebab utama pengguna media sosial melakukan over sharing.

Menurutnya, para pengguna itu tak memahami dan menyadari bahwa Instagram atau sosial media saat ini memiliki karakteristik yang berbeda dari media konvensional.

"Sebenarnya para pengguna Instagram itu tidak bermaksud secara gegabah membagikan data sensitif maupun data pribadinya."

"Para pengguna itu tak memahami dan menyadari, Instagram sebagai media digital yang mereka gunakan, sudah sangat berbeda karakteristiknya dengan media analog atau media konvensional," ujarnya ketika dihubungi NOVA, Rabu (24/11).

Lebih lanjut, Firman menjelaskan perbedaan media sosial saat ini dengan media konvensional.

"Bedanya adalah, ketika menggunakan media analog, data dari pembicaraan, tulisan, gambar tidak mudah untuk dikumpulkan dan diolah jadi data data lain. Interaksi berhenti sampai pertukaran data antar pihak saja. Bertelepon misalnya, interaksi akan berhenti ketika kegiatan itu berakhir."

SumberNova
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm