Ilustrasi produk asal Amerika Serikat yang dibuat di China.
Ilustrasi produk asal Amerika Serikat yang dibuat di China. ( )

5 Alasan Kenapa Banyak Produk Dibuat di China Meski Bukan Berasal dari Sana

10 Desember 2021 12:50 WIB

SonoraBangka.ID - Barang-barang buatan China udah sangat melekat dalam kehidupan sehar-hari kita, mulai dari produk fashion hingga elektronik.

Bahkan, meski kita tahu sebuah brand berasal dari Amerika Serikat atau Jepang misalnya, tetap ada label 'Made in China' pada beberapa produk mereka. 

 Terus, kenapa sih label Made in China sebegitu luasnya digunakan pada produk-produk industri? 

Mungkin banyak orang berpikir alasannya adalah upah tenaga kerja di China yang murah sehingga bisa menurunkan biaya produksi suatu barang.

Namun lebih dari itu, China memang telah dikenal sebagai pabrik dunia karena ekosistem bisnisnya yang kuat.

Selain itu, pabrik China yang umumnya beroperasi di bawah lingkungan peraturan yang jauh lebih longgar jika dibandingkan dengan pabrik asal negara yang lebih ketat. 

Biar semakin paham, simak nih beberapa alasan kenapa banyak produk made in China di dunia, merangkum Investopedia:

1. Upah pekerja rendah

China dikenal sebagai negara terpadat di dunia dengan populasi penduduk sekitar 1,39 juta orang. Hal ini membuat tenaga kerja di China membeludak sementara lapangan pekerjaan yang nggak dapat menampung semuanya.

Sesuai dengan hukum penawaran dan permintaan, jika tenaga kerja banyak dan lapangan kerja hanya sedikit tentu akan menjadikan upah para pekerja rendah. Selain itu, mayoritas warga negeri panda ini merupakan kelas menengah ke bawah atau miskin yang hidup di pedesaan.

2. Ekosistem bisnis yang baik

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm