( )

Sebanyak 366 Dosis Vaksin Astrazeneca di Pangkalpinang Kedaluwarsa, Anggota Dewan Harap Perbaiki Distribusi

23 Desember 2021 06:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Kini sebanyak 366 dosis vaksin covid-19 jenis Astrazeneca di Pangkalpinang sudah kedaluwarsa.

Anggota DPRD Kota Pangkalpinang Depati Amir Gandhi menilai perlu adanya evaluasi dalam tata kelola dan distribusi vaksin.

"Ini kan ga sinkron ya antara data permintaan daerah dengan distribusi dari pusat. Ada yang salah dengan manajemen tata kelola vaksin, harus ada perbaikan tata kelolanya,"kata Gandhi kepada Bangkapos.com, Rabu (22/12/2021).

Menurutnya, daerah berhak menolak vaksin yang kurang diminati seperti Astrazeneca, sehingga tak terjadi kedaluawarsa seperti ini.

"Setahu saya daerah boleh menolak vaksin yang kurang diminati, tapi kan ada daerah yang justru butuh vaksin tersebut. Ingat kita masih punya banyak stok Astrazeneca ini. Jangan sampai stok yang tersisa tersebut juga akan ikut kakadaluwarsa,"ujarnya.

Gandhi menyebutkan, temuan vaksin yang kadaluwarsa atau habis masa simpan ini mengurangi mutu bahkan tidak layak lagi digunakan, oleh sebab itu perlu segera dimusnahkan atau dipisahkan penyimpanaannya dari vaksin yang layak agar tidak menimbulkan kesalah pahaman yang luas ditengah masyarakat.

"Kedua, kejadian temuan vaksin kadaluwarsa di Pangkalpinang ini perlu segera dievaluasi agar tidak terulang kembali, juga sebagai bahan kajian Kabupaten lain disekeliling Pangkalpinang mengingat kita adalah Ibukota Provinsi yang tentu menjadi barometer pusat dalam pendistribusian vaksin secara menyeluruh kepada Provinsi," ucapnya.

Dia menegaskan, jangan sampai memaksakan jatah distribusi vaksin ke Kota padahal paham animo warga untuk jenis vaksin Astrazeneca kurang.

"Jangan sampai kita memaksakan jatah distribusi vaksin ke Kota padahal kita paham animo warga untuk jenis vaksin Astrazeneca ini kurang. Tentu dinkes harus masif memberikan pemahaman ke masyarakat manfaat dari vaksin," tambahnya.

"Apalagi zeneca ini efikasinya relatif tinggi dibanding vaksin lain. Tentu mubazir ya jika kejadian ini terus menerus terulang. Kita berharap jangan sampai terjadi lagi," lanjutnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul 366 Dosis Vaksin Astrazeneca di Pangkalpinang Kedaluwarsa, Anggota Dewan Minta Perbaiki Distribusi, https://bangka.tribunnews.com/2021/12/22/366-dosis-vaksin-astrazeneca-di-pangkalpinang-kedaluwarsa-anggota-dewan-minta-perbaiki-distribusi.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm