Pedagang ayam di Pasar Modern Koba Bangka Tengah
Pedagang ayam di Pasar Modern Koba Bangka Tengah ( Bangkapos.com/Sela Agustika)

Di pasar Modern Koba, Harga Ayam Tembus Rp 45 Ribu Per kilo, Pedagang Minta Tolong Pemerintah

5 Januari 2022 13:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Harga ayam broiler di Pasar Modern Koba, Bangka Tengah kian melonjak naik, Rabu (05/1/2022). 

Kenaikan harga ini signifikan terjadi dari harga sebelumnya. Di mana harga ayam broiler yang dijual di Pasar Modern Koba kini berkisar antara Rp 40 ribu hingga Rp 45 perkilogram.

Adi pedagang ayam broiler di Pasar Modern Koba mengatakan, kenaikan harga ayam ini sudah terjadi sejak natal dan tahun baru 2021 kemarin.

"Kenaikan harga ayam ini sudah terjadi sejak Natal dan Tahun Baru kemarin. Dan sekarang naiknya signifikan, yang mana biasanya harga ayam ini normalnya Rp 35 ribu perkilogram sekarang mencapai Rp 45 ribu," ucap Adi kepada Bangkapos.com, Rabu (5/12/2022).

Diakui Adi, adanya kenaikan harga ayam ini sangat berdampak terhadap penurunan pembeli, dimana penurunan ini kurang lebih terjadi hampir 30 persen dari penjualan sebelumnya.

"Dengan harga ayam saat ini pembeli menurun drastis, biasanya kita bisa menjual 100 kilogram daging ayam perhari dan saat ini menurun hampir 30 persen. Bukan hanya pembeli bahkan ada beberapa pedagang juga yang memilih untuk tidak berjualan karena modal yang tinggi,"ujar Adi.

Terkait kenaikan harga ini, para pedagang tak mengetahui penyebab pastinya. Namun pihaknya berharap supaya pemerintah daerah dan provinsi dapat mengatasi permasalah ini.

"Untuk penyebab kenaikan kita tidak tau karena apa, karena harga modal kita juga tinggi. jadi tidak mungkin kita jual dengan harga normal. Kita harap pemerintah daerah dan provinsi dapat mengambil langkah untuk menurunkan harga daging ayam ini,"tambahnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Harga Ayam di Pasar Modern Koba Tembus Rp 45 Ribu Perkilogram, Pedagang Minta Tolong Pemerintah, https://bangka.tribunnews.com/2022/01/05/harga-ayam-di-pasar-modern-koba-tembus-rp-45-ribu-perkilogram-pedagang-minta-tolong-pemerintah.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm