DPRD Babel tinjau Dermaga Tambat Perahu Dusun Batu Belubang
DPRD Babel tinjau Dermaga Tambat Perahu Dusun Batu Belubang ( Humas DPRD Babel)

DPRD Bangka Belitung Siap Perjuangkan Dermaga Tambat Perahu Dusun Batu Belubang

28 Mei 2022 09:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Kapal-kapal besar nelayan pengangkut ikan yang ada di dusun Batu Belubang beberapa tahun terakhir ini mengalami kesulitan saat membawa hasil tangkapannya ke daratan.

Hal ini diakibatkan lantaran terjadinya sedimentasi atau pendangkalan disekitar pantai.

Kondisi ini kemudian diperparah dengan kurang panjangnya dermaga tambat perahu yang ada didusun tersebut.

Sehingga nelayan yang akan membawa hasil tangkapannya harus memikul ataupun menyewa sampan kecil untuk membawa hasil tangkapan ke tempat pelelangan ikan (TPI) yang ada didusun tersebut.

Beberapa waktu lalu sejumlah kelompok nelayan dan beberapa perangkat dusun mendatangi salah satu anggota DPRD dari fraksi PKS, Dody Kusdian untuk menyampaikan keluhan dan permasalahan yang di hadali nelayan setempat.

Mendengar hal tersebut ketua DPRD DPRD bersama komisi II provinsi Kep. Bangka Belitung (Babel) langsung mendatangi pelabuhan tambat perahu nelayan yang ada di dusun Batu Belubang, kabupaten Bangka Tengah, Jumat (27/05/2022).

"Kasihan nelayan kalau harus dibebankan kembali untuk mengankut hasil tangkapannya ke TPI. Tentu akan memakan waktu, tenaga dan biaya," tutur Ketua DPRD, Herman Suhadi.

Herman menjelaskan, bahwa setelah melihat langsung kondisi yang ada dilapangan memang sudah seharusnya ada peningkatan dermaga tambat labug yang ada didusun tersebut, seperti keinginan para nelayan untuk memperpanjang dermaga tambat perahu yang ada di dusun tersebut.

"Keinginan nelayan dalam waktu dekat ini, adanya penambahan panjang dermaga guna mengantisipasi kondisi surut air laut yang cukup jauh di bulan-bulan tertentu," jelasnya.

Untuk itu hal ini harus segera disikapi pemerintah kabupaten setempat karena wilayahnya masuk didalam kabupaten Bangka Tengah agar dapat langsung berkoordinasi dengan pemerintah provinsi Kep. Babel untuk secara bersama-sama membuat pelabuhan tambat nelayan ini menjadi lebih baik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm