Ruang mesin Chery Tiggo 7 Pro(KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI)
Ruang mesin Chery Tiggo 7 Pro(KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI) ( kompas.com)

Lakukan Ini Bila Mendengar Bunyi dari Kap Mesin Mobil

21 Juni 2022 17:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kekedapan suara di dalam mobil memang menjadi prioritas beberapa orang dalam memilih mobil. Secara, semakin mahal unit seharusnya memiliki kekedapan suara yang maksimal.

Tapi, tidak cuma pemilik mobil mewah, siapa saja yang memiliki mobil pasti bakal merasa terganggu jika tiba-tiba kendaraan mengeluarkan bunyi yang tidak seperti biasanya.

Otomatis, muncul rasa takut jika sumber bunyi tersebut merupakan komponen yang kendur atau rusak. Sehingga pengendara menjadi tidak nyaman selama melaju di jalan.

Bahkan, ketidaknyamanan itu memang karena bunyi yang berisik, sehingga mengganggu konsentrasi dalam berkendara.

Salah satunya yang mengganggu adalah bunyi getaran kap mesin. Biasanya bunyi ini akan muncul tiba-tiba, karena memang sewajarnya getaran kap mesin tidak menimbulkan bunyi. Secara, di dalam kap mesin dilengkapi karet peredam yang biasa disebut bumper hood.

Foreman Nissan Bintaro Mukti Aji mengatakan bemper hood bisa diatur sedemikian rupa untuk meredam getaran kap mesin atau mengatur celah kap mesin dengan grill.

“Bisa disetel dengan memutarnya, agar celah kap mesin dengan grill sesuai, juga bisa sebagai peredam getaran kap mesin,” ucap Mukti kepada Kompas.com, Selasa (21/6/2022).

Dilihat dari letaknya, bumper hood memang terjepit oleh kap mesin. Seingga, komponen ini menjadi kunci utama peredam getaran. Mengingat karet ini bisa disetel, maka ada kemungkinan setelan bumper hood berubah karena getaran atau memang rusak.

Sehingga, ketika kap mesin sampai bunyi getar, maka hal pertama yang perlu diperiksa adalah bumper hood; karet berbentuk silinder yang bisa diputar untuk menentukan panjangnya.

Ketika kap mesin bunyi bergetar, maka bisa dicoba untuk menyetel bumper hood ke tingkat yang lebih panjang sehingga getaran kap mesin menjadi lebih teredam.

Caranya; buka kap mesin dan cari bumper hood; menggantung di sudut-sudut kap mesin atau menonjol di rangka. Jumlahnya sendiri bisa lebih dari dua.

Sedangkan bila bumper hood diputar sudah tidak bisa mengubah panjangnya, besar kemungkinan karet ini sudah rusak dan perlu diganti. Untuk harganya sendiri relatif murah di pasaran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lakukan Ini jika Mendengar Bunyi dari Kap Mesin Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/21/120200615/lakukan-ini-jika-mendengar-bunyi-dari-kap-mesin-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm