Ilustrasi penumpang kapal di Pelabuhan Pangkalbalam menunggu keberangkatan. Kapal laut menjadi satu di antara pilihan warga yang ingin bepergian. foto diambil pada Senin (4/6/2022)
Ilustrasi penumpang kapal di Pelabuhan Pangkalbalam menunggu keberangkatan. Kapal laut menjadi satu di antara pilihan warga yang ingin bepergian. foto diambil pada Senin (4/6/2022) ( )

Mahasiswi Ini Pilih Liburan Naik Kapal Laut ke Pangkalpinang, Karena Harga Tiket Pesawat Tinggi

7 Juli 2022 09:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Harga tiket pesawat kini terpantau mengalami kenaikan. Kondisi tersebut, membuat sejumlah orang lebih memilih angkutan laut dan darat untuk bepergian.

Seperti Zahra (21), yang lebih memilih kapal laut dari Palembang untuk ke rumah neneknya di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Karena harga tiket dari kota asalnya Palembang ke Pangkalpinang seharga Rp600-an ribu. Sedangkan harga tiket kapal cepat hanya Rp200 ribuan dan kapal feri Rp100 ribuan.

"Kalau naik kapal cepat atau jetfoil itu kurang lebih Rp200 ribuan. Tapi kemarin pas k esini naik kapal feri lebih murah lagi. Kalau dihitung-hitung cuma Rp100-an ribu lah. Dari Palembang ke pelabuhan naik travel, terus ongkos kapal untuk perorangan itu hanya Rp40 ribu,"katar Zahra kepada Bangkapos.com, Rabu (6/7/2022).

Dia mengatakan sempat ingin naik pesawat. Namun jika dihitung-hitung, ongkos naik pesawat bisa ia gunakan untuk jalan-jalan di Kota Pangkalpinang.

"Pesawat mahal banget, sayang uangnya. Kalau dihitung-hitung bisa untuk jalan-jalan di Bangka. Apalagi untuk kantong mahasiswa, mending naik kapal saja, lebih lama sedikit tidak masalah lah,"katanya.

Zahra memang telah merencanakan ingin berkunjung ke Bangka saat libur semester kali ini. Hampir dua tahun dia tak mengunjungi neneknya di Pangkalpinang karena pandemi Covid-19.

"Cuma mau liburan, main-main aja ketemu keluarga yang ada di Bangka, kebetulan ibu aku orang Bangka, ayah orang Prabumulih," ujarnya.

Senada dengan Zahra, Kemas (42) terpaksa menempuh jalur laut dan darat untuk tiba di kampung halamannya di Riau, Kota Pekanbaru.

Sejak tiga tahun terakhir ia ditugaskan di Kota Pangkalpinang. pada momen libur Iduladha kali ini ia ingin menghabiskan waktu bersama anak-anaknya di rumah.

Dari Pangkalpinang, Kemas terpaksa naik kapal cepat ke Palembang, lalu meneruskan perjalanannya ke Pekanbaru naik mobil travel atau bus.

"Kalau mau naik pesawat sampai ke Pekanbaru, wah harganya lumayan. Jadi biar lebih hemat jalur darat aja. Sampai ke rumah itu bisa seharian, tapi tidak masalah,"ujar Kemas.

"Harapan bisa naik pesawat itu, penginnya semua orang. Kenapa tidak karena lebih cepat, nyaman. Tapi ya tadi, risikonya harga mahal. Jadi kita pilih yang murah meriah, tapi lama," imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Harga Tiket Pesawat Masih Tinggi, Mahasiswi Ini Pilih Liburan Naik Kapal Laut ke Pangkalpinang, https://bangka.tribunnews.com/2022/07/06/harga-tiket-pesawat-masih-tinggi-mahasiswi-ini-pilih-liburan-naik-kapal-laut-ke-pangkalpinang.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm