Film Ngeri-ngeri Sedap
Film Ngeri-ngeri Sedap ( KOMPAS.com/Baharudin Al Farisi)

Film Ngeri-ngeri Sedap Terpilih Ikut Seleksi Piala Oscar 2023

14 September 2022 07:14 WIB

SonoraBangka.ID - Film Ngeri-ngeri Sedap terpilih mewakili Indonesia untuk mengikuti seleksi di ajang Piala Oscar ke-95.

Film karya sutradara Bene Dion Rajagukguk tersebut didaftarkan untuk kategori Film Fitur Internasional atau The International Featured Film.

Terpilihnya film tersebut mewakili Indonesia berdasarkan diskusi panjang dalam Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 yang beranggotakan 9 orang.

Deddy Mizwar sebagai ketua Komite mengatakan, ada pelbagai persyaratan yang harus dipenuhi sebuah film untuk dapat mengikuti Piala Oscar.

Antara lain, film sudah pernah dipertunjukkan di bioskop selama seminggu secara berturut-turut, dan belasan item persyaratan teknis lainnya.

Untuk menentukan pilihan yang akan mengikuti Oscar, Komite memutar film-film hasil seleksi secara khusus di Studio XXI di Plaza Senayan pada Senin (12/9/2022) yang dilanjutkan dengan diskusi antara anggota.

Tanpa kehadiran Garin Nugroho dan Yadi Sugandi, para juri akhirnya secara aklamasi memutuskan untuk memilih film Ngeri-ngeri Sedap untuk mewakili Indonesia di Piala Oscar.

"Inilah maksimal yang dihasilkan Komite Seleksi Oscars Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film itu bisa berjaya di ajang oscar," ujar Deddy Mizwar dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.con, Selasa (13/9/2022).

Sementara itu, produser Ngeri-ngeri Sedap Dipa Andika belum bisa memberikan komentar lebih jauh terkait filmnya mewakili Indonesia di Piala Oscar 2023.

Sebagai informasi, setiap tahunnya, Academy of Motion Picture Arts and Sciences memberikan kesempatan untuk film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat, yang sebagian besar tak menggunakan bahasa Inggris.

Indonesia sebelumnya sempat mengirimkan perwakilan untuk kategori Film Fitur Internasional Terbaik di Piala Oscar.

Film Nagabonar yang disutradarai MT Risyaf dengan pemain utama Deddy Mizwar serta Nurul Arifin ini menjadi film Indonesia pertama yang dikirim ke Academy Awards.

Sejauh ini, Indonesia belum berhasil membawa pulang penghargaan dari kompetisi yang diikuti film di seluruh dunia tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Film Ngeri-ngeri Sedap Terpilih Ikut Seleksi Piala Oscar 2023", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/09/13/142208266

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm