Kompor listrik yang aman dan hemat energi.
Kompor listrik yang aman dan hemat energi. ( iStockphoto)

Yuk Kenali Perbedaan Kompor Induksi Dengan Kompor Listrik

23 September 2022 09:14 WIB

SonoraBangka.Id -Masyarakat bersiap siap untuk beralih ke kompor listrik. Saat ini sudah sebanyak 3 daerah di indonesia yang mulai mendistribusikan kompor listrik secara gratis.  Beberapa waktu belakangan, ramai dibahas mengenai kompor listrik dan kompor induksi

Bahkan ada pula yang mengira kompor lisrik dan kompor induksi tidak memiliki perbedaan. Apakah Anda tahu perbedaan keduanya?

 

Kompor listrik adalah kompor dengan desain tanam yang mengandalkan listrik sebagai bahan bakar. 

Dikutip dari Kompas.com, cara kerja kompor listrik dengan mengaliri listrik melalui kumparan logam di bawah keramik atau kaca. 

Saat menyalakan kompor listrik, arus listrik akan mengalir melalui kumparan logam yang ada di bawah permukaan kompor, yakni berupa keramik atau kaca. Apabila listrik sudah mengirimkan panas ke permukaan kompor, maka kompor akan mengeluarkan cahaya sebagai tanda siap digunakan. 

Selanjutnya, panas pada keramik permukaan kompor akan mengirimkan panas ke alat masak menggunakan energi inframerah. Sehingga, panci, wajan, atau alat masak lain akan terasa panas. 

Setelah kompor listrik selesai digunakan dan dimatikan, kompor masih akan terasa panas, sehingga perlu waktu agar permukaan kembali dingin. 

Perbedaan kompor listrik dan kompor induksi 

Meski sama-sama tanam, kompor listrik dan kompor induksi adalah dua hal berbeda. Kompor induksi bekerja dengan mengantarkan panas menggunakan radiasi elektromagnetik. Arus listrik akan bergantian melewati cincin ke peralatan masak, sehingga mengantarkan panas pada panci atau wajan. 

Berbeda dengan kompor listrik, kompor induksi tidak perlu waktu untuk menunggu kembali dingin setelah digunakan. Pasalnya, kompor ini otomatis akan kembali dingin saat dimatikan. 

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm