Ilustrasi cip semikonduktor(THEGUARDIAN.com/Vlad Deep/Alamy)
Ilustrasi cip semikonduktor(THEGUARDIAN.com/Vlad Deep/Alamy) ( KOMPAS.COM)

Kemenperin Sebut Investasi Untuk Pembuatan Cip Semikonduktor Sangatlah Besar

11 November 2022 22:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah RI melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya untuk dapat memproduksi cip semikonduktor di dalam negeri agar memastikan proses produksi kendaraan selalu lancar, tak terkecuali kendaraan listrik.

Hanya saja, sebagaimana dikatakan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, Taufik Bawazier, hal itu tidaklah gampang karena proses pembuatan cip untuk kendaraan listrik rumit.

"Cip semikonduktor itu mata rantainya panjang, mulai desain, masuk ke tahap foundry, testing, sampai assembling dan pengujian akhir, front end dan back end," katanya belum lama ini.

Belum lagi saat masuk pencetakan. Sehingga, lanjut Taufiek, investasi untuk pembuatan cip semikonduktor sangatlah besar.

Di samping itu, Amerika Serikat (AS) sendiri akan membangun pabrik secara mandiri karena masalah geopolitik perang Rusia dan Ukraina, yang membuat semikonduktor langka.

“Sekarang di dunia ini penghasil terbesar semikonduktor adalah TSMC dan Samsung. Yang lain ada tapi tidak sebesar mereka,” kata dia.

Taufik menceritakan bahwa pemerintah sempat mengadakan diskusi dengan AS soal potensi Indonesia untuk semikonduktor. Sebab ketersediaan pasir silika yang merupakan bahan untuk mencetak semikonduktor di Tanah Air cukup besar.

“Itulah yang kita purpose, nanti setelah ini kita juga diskusi lengkap dengan USINDO. Jadi minta pengusaha Amerika untuk mem-follow up proyek-proyek kita bahwa nanti Indonesia harus punya satu desain center untuk semikonduktor,” ucap Taufik.

Selain itu, bisa juga dibuat semacam pabrik yang menjadi mimpi Indonesia, kata Taufik, karena investasinya mahal. Sementara asembling dan pengujian untuk semikonduktor sudah ada di Batam bernama PT Infineon Technologies.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenperin Sebut Pembuatan Cip Semikonduktor Butuh Investasi Besar", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/11/141200015/kemenperin-sebut-pembuatan-cip-semikonduktor-butuh-investasi-besar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm