Ilustrasi bubuk daun kelor
Ilustrasi bubuk daun kelor ( SHUTTERSTOCK/Red Confidential )

Ternyata Daun Kelor Punya Manfaat untuk Menurunkan Berat Badan

26 November 2022 12:55 WIB

SonoraBangka.id - Tak bisa dipungkiri, banyak orang yang merasa frustrasi dengan olahraga dan diet yang dijalani karena berat badan mereka tidak kunjung turun.

Jika hal itu terjadi, tak ada salahnya memilih mengonsumsi kelor yang sudah dibuktikan dalam studi mampu menurunkan berat badan.

Kelor yang disebut juga moringa (Moringa oleifera) adalah jenis tanaman tropis yang dapat dikenali dari bentuk daunnya yang kecil.

Tanaman ini mudah dijumpai pada tanah yang tidak selalu subur dan dikatakan peneliti memiliki khasiat yang mengagumkan, salah satunya untuk menurunkan berat badan.

Hal tersebut diungkap oleh ahli diet terdaftar yang juga juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics asal Seattle, AS, Ginger Hultin, dikutip dari Live Strong.

Nama kelor sebenarnya tidaklah asing di telinga Indonesia karena daunnya dapat dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol hingga mencegah diabetes.

Nah, tanaman yang daunnya begitu populer ini mengandung vitamin dan mineral yang penting, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, potasium, dan zat besi.

Satu cangkir kelor yang sudah dicincang juga dikatakan peneliti mengandung 13 kalori dan 2 gram protein.

Kandungan tersebut masih ditambah sembilan asam amino esensial dan hampir seluruh bagian kelor sangat rendah kalori dan karbohidrat.

Khusus untuk daun maupun biji kelor, studi mendapati temuan bahwa dua bagian dari tanaman ini mengandung nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesehatan dan melawan malnutrisi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm