ilustrasi jajan pasar.
ilustrasi jajan pasar. ( SHUTTERSTOCK/yoansmile)

Siapkan Wadah Kedap Udara, Berikut 8 Tips Menyimpan Jajanan Pasar

12 Desember 2022 16:44 WIB

SonoraBangka.id - Jajan pasar terdiri dari banyak jenis. Menurut teksturnya, jajanan tradisional dibagi menjadi dua yaitu jajan basah dan jajan kering. Oleh karena itu, cara menyimpan jajan pasar tidak boleh sembarangan. Ada beberapa tips simpan jajanan tradisional yang bisa kamu ikuti dilansir dari beberbagai sumber berikut ini. 

1. Gunakan piring atau stoples kering

Siapkan terlebih dahulu piring atau stoples camilan dalam keadaan kering. Hal ini untuk menjaga tekstur jajan pasar kering agar tetap renyah dan tidak menjadi lembab.

2. Jangan simpan jajan pasar saat masih panas

Dilansir dari buku "Jajanan Mengundang Selera" (2022) oleh Aizatul Fitriyah terbitan PT Cempaka Putih, hindari menyimpan jajanan dalam keadaan panas dalam wadah kedap udara. Suhu panas bisa menimbulkan uap air sehingga tekstur dari jajanan bisa berair atau lembab.

3. Simpan dalam ruangan kering dan sejuk

Cara simpan jajan pasar yang selanjutnya adalah dengan cara menaruh kue di ruangan yang kering dan sejuk. Ruangan yang lembab dan punya suhu tidak stabil hanya akan mempercepat pertumbuhan mikroorganisme pembusuk.

4. Simpan dalam wadah kedap udara

Dari pada menyimpan kue tradisional di piring saji yang terbuka, ada baiknya untuk menyimpan jajan pasar di dalam wadah kedap udara. Lihat Foto ilustrasi jajan pasar. 

5. Bungkus dalam plastik

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm