Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK )

Jangan Panik , Orang Tua Harus Lakukan Ini Jika Si Kecil Punya Idola Dewasa

27 Desember 2022 09:49 WIB

SonoraBangka.id - Mungkin dulu anak-anak mengidolakan tokoh superhero atau tokoh kartun, nah di era digital ini figurnya bisa semakin beragam.

Sebut saja ada YouTuber, gamer, artis K-pop, dan masih banyak lagi sosok yang bisa menjadi idola.

Ratih Zulhaqqi, S.Psi, M.Psi, psikolog anak mengatakan, “Biasanya anak-anak mulai punya seseorang yang dia suka itu ketika memasuki usia pubertas. Kadang-kadang kalau masih kecil itu bukan idola, baru sesuatu yang dia lihat dan menurut dia bagus, dan biasanya belum menetap banget.”

Secara psikologis, anak mulai bisa membedakan mana yang dia suka, mana yang lebih dia suka, mana sangat suka. Artinya saat itu si kecil mulai memiliki preferensi, dan tentunya setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda.

Jangan lupa juga terkait ketertarikan yang dimiliki anak ini, lingkungan sangatlah berperan, termasuk juga Anda sebagai orang tua.

Misal, ketika anak perempuan Anda sangat menyukai princess, bisa jadi hal itulah yang dipaparkan lingkungan terhadap dirinya, sampai akhirnya ia mengidolakan princess.

Nah, bagaimana saat kita mengetahui anak kita mengidolakan tokoh yang sudah dewasa?

Ajak Anak Ngobrol

Sebaiknya sih, anak mengidolakan sosok yang seumuran atau sosoknya memang berhubungan dengan keseharian anak.

Tapi, siapa yang bisa mencegah bila anak mengidolakan figur yang tidak kita duga atau tidak sesuai dengan nilai-nilai yang kita anut.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm