( )

Yuk Kita Cari Tahu, Apa Itu Notice Period yang Berlaku sebelum Karyawan Mengakhiri Masa Kerjanya?

6 Februari 2023 09:00 WIB

SonoraBangka.idNotice period merupakan istilah yang dipakai untuk memberitahu atasan dan HR sebelum seorang karyawan mengakhiri masa kerjanya.

Ya, saat memutuskan untuk mengundurkan diri dari suatu perusahaan, Anda mungkin sering mendengar istilah one month notice.

Selain berlaku untuk karyawan, periode ini juga berlaku jika perusahaan memutuskan untuk mengakhiri masa kerja karyawannya, seperti dikutip dari Glints.

Bukan tanpa alasan mengapa notice period diberlakukan sebelum resign, sebab periode ini dapat mempermudah pihak karyawan dan perusahaan untuk mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan.

Dengan begitu, kinerja perusahaan tidak terganggu dan meminimalisir risiko karyawan keluar-masuk pekerjaan sesuka hati.

Karena berbagai pertimbangan itulah notice period sering disebutkan dalam kontrak kerja ataupun aturan perusahaan.

Tujuan Notice Period

Selain merupakan bentuk profesionalisme pihak karyawan dan perusahaan, notice period juga diberlakukan untuk tujuan lainnya.

Dengan adanya notice period, perusahaan bisa menyiapkan orang baru untuk menggantikan posisi karyawan yang ingin mengundurkan diri tadi.

Jeda waktu selama notice period memungkinkan proses transisi kepada karyawan baru menjadi lebih mudah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm