Ilsutrasi tepung terigu.
Ilsutrasi tepung terigu. ( Dok. Shutterstock/Shebeko)

Selain Aroma, Berikut Ini Ciri Tepung Yang Tidak Bisa Dipakai

23 Februari 2023 13:20 WIB

SonoraBangka.id -  Bagi kamu yang sering membuat kue dan roti dengan menggunakan tepung terigu. Ada baiknya untuk mengetahui beberapa tanda-tanda tepung terigu tidak bisa lagi digunakan. Sebagian orang mungkin merasa menyimpan tepung terigu di tempat yang kering dalam waktu yang cukup lama, masih bisa menggunakannya. Padahal, kamu perlu memeriksa beberapa faktor saat akan menggunakan tepung terigu. Dilansir dari berbagai sumber, simak ciri tepung terigu tidak bisa digunakan.

Ciri tepung tidak bisa digunakan Dilansir dari laman The Daily Meal, periksa tanggal kedaluarsa yang ada dalam kemasan. Ini menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah tepung terigu masih dalam keadaan baik atau tidak. Pastikan untuk membeli tepung terigu dengan tanggal yang masih lama. Ditambahkan dari laman Healthline, tepung terigu yang masih dalam tanggal kedaluarsa bisa diolah menjadi aneka menu makanan. Jika anda meragukan dengan tanggal kedaluarsa yang ada pada kemasan tepung. Anda bisa mencium aroma dari tepung. Kalau tepung mengeluarkan aroma tidak sedap, ada baiknya untuk tidak menggunakan tepung menjadi aneka makanan. 

Selain aroma, anda juga perlu melihat dari warna tepung. Tuangkan tepung di atas piring bersih dan kering. Liat apakah ada gumpalan atau warna tepung. Jika warna tepung berubah seperti menghitam, bisa jadi tepung tidak aman untuk dikonsumsi. Untuk menghindari tepung terigu menurun kualitasnya, ada baiknya setiap membuka kemasan tepung untuk menyimpan tepung di wadah tertutup rapat. Simpan tepung terigu di suhu dingin seperti lemari es. Dengan begitu tepung terigu akan bertahan selama enam hingga satu tahun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ciri Tepung Terigu Tidak Bisa Dipakai, Jangan Hanya Liat Tanggal Kedaluarsa", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/22/110900175/ciri-tepung-terigu-tidak-bisa-dipakai-jangan-hanya-liat-tanggal-kedaluarsa.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm