Ilustrasi lidah
Ilustrasi lidah ( shutterstock )

Yuk Cek Sebelum Makin Parah! Waspada Kolestrol Tinggi dari Warna Lidah

5 Maret 2023 08:58 WIB

SonoraBangka.id -Tubuh memang membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah.

Penyebab kolesterol tinggi biasanya dikarenakan oleh gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya dari makan-makanan berlemak tinggi.

Dilansir Indiatimes.com, kolestrol tinggi dapat diindikasi dari warna lidah.

Menurut jurnal medis 'Frontiers in Medicine', lidah berwarna ungu tua dan pembuluh darah sublingual yang membesar (pembuluh darah yang mengalirkan lidah) merupakan tanda penting dari stasis darah--gejala kolestrol tinggi.

“Ujung lidah berwarna ungu kebiruan atau ini mungkin bercak darah di ujungnya. Pembuluh darah sublingual berwarna gelap atau bengkok dan tebal,” jelas Science Direct dikutip dari Indiatimes.com, Jumat (27/1/2023).

Stasis darah sendiri adalah gejala kolesterol tinggi.

Itu terjadi ketika darah tidak dapat mengalir dengan baik melalui jaringan.

Hal ini dapat mengurangi kecepatan aliran darah, menyebabkan obstruksi parsial, dan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah.

Dalam kebanyakan kasus, lidah berwarna ungu berarti darah tidak bersirkulasi dengan baik di tubuh Anda.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm