Ada banyak cara menggunakan minyak goreng lebih hemat untuk mengatasi kenaikan harga di pasaran.
Ada banyak cara menggunakan minyak goreng lebih hemat untuk mengatasi kenaikan harga di pasaran. ( SHUTTERSTOCK/tiverylucky)

Agar Renyah Dan Tidak Gosong, Berikut 6 Cara Membuat Gorengan

28 Maret 2023 12:49 WIB

SonoraBangka.id - Menggoreng adalah kegiatan atau langkah memasak yang sering kita lakukan di rumah. Gorengan menjadi renyah dan tidak gosong salah satu yang diinginkan saat menggoreng, tentu terdapat cara yang harus dilakukan. Salah satunya menyiapkan peralatan memasak seperti wajan berbahan dasar stainless steel, menjaga suhu minyak, dan goreng sedikit-sedikit. Simak cara membuat gorengan agar renyah dan tidak gosong berikut ini, dikutip dari buku "Seri Teknik Memasak: Masakan Serba Goreng" (2013) karya Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

1. Alat penggorengan

Hindari menggunakan alat penggorengan yang terbuat dari bahan besi dan tembaga, karena akan mempercepat proses kerusakan minyak. Gunakan wajan yang terbuat dari bahan stainless steel karena tidak bereaksi dengan minyak. Teknik deep frying pilih wajan yang sangat cekung dan berdasar tebal. Saat menuangkan minyak, usahakan masih ada ruang sekitar lima sentimeter di bagian atas wajan. Hal ini merupakan jarak aman ketika terbentuk gelembung minyak atau volume minyak naik saat makanan dimasukkan.

2. Jaga suhu minyak

Suhu minyak untuk menggoreng yang diminta dalam resep umumnya antara 160 sampai 190 derajat celcius. Selama proses menggoreng, kamu harus memiliki termometer penggorengan yang terendam dalam minyak. Jika tidak mempunyai termometer, siapkan roti awar dipotong dadu dengan ukuran 2,5 sentimeter, lalu masukkan ke dalam minyak. Apabila roti berubah kecoklatan dalam waktu 60 detik, berarti suhu minyak telah mencapai 185 derajat celcius. Minyak terlalu panas juga akan mulai terlihat berasap. Angkat segera wajan dari kompor dengan hati-hati untuk menurunkan sedikit suhunya. Bisa juga menggunakan baking soda untuk meredakan minyak yang terlalu panas tetapi hati-hati jangan sampai api naik ke atas minyak.

3. Masukkan bahan makanan dengan benar

Jangan melempar saat memasukkan makanan ke dalam minyak, masukkan makanan dengan jarak dekat dari arah samping bukan atas. Jika takut kamu bisa meletakkan makanan di sutil berlubang lalu masukkan ke dalam minyak panas. Baca juga: Tips Lengkap Masak Ayam Beku yang Aman dan Terhindar dari Bakteri

4. Goreng bahan makanan dalam jumlah sedikit

Sisakan ruang yang lapang di antara makanan, sehingga makanan akan matang merata. Jika kamu menggoreng bahan makanan sekaligus banyak akan menurunkan suhu minyak selain itu minyak akan lebih terserap banyak. Akibatnya gorengan akan menjadi kurang renyah, jadi gunakan wajan besar jika sedang memasak dalam jumlah banyak, atau lakukan proses menggoreng beberapa kali. Pastikan minyak tetap bersih selama menggoreng dengan cara membuang sisa makanan atau remah gorengan yang tertinggal dalam minyak.

5. Agar tidak terciprat

Hilangkan kadar air di permukaan makanan dengan cara menyeka atau melapnya. Jika perlu taburi satu atau dua sendok makan tepung terigu ke dalam penggorengan bersamaan saat menggoreng makanan. Tepung dapat mengikat air yang muncul dari bahan makanan.

6. Tiriskan

Setelah makanan matang, tiriskan di rak kawat atau sutil berlubang selama 20 sampai 30 menit, atau di atas tisu yang diletakkan pada piring, sehingga lapisan luar kering dari minyak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Membuat Gorengan agar Renyah dan Tidak Gosong", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/28/070500375/6-cara-membuat-gorengan-agar-renyah-dan-tidak-gosong.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm