Ilustrasi
Ilustrasi ( ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah )

Jadi Tradisi di Wilayah Indonesia, Ini 5 Cara Unik Membangunkan Sahur

5 April 2023 20:59 WIB

SonoraBangka.id - Di bulan puasa ini, apakah teman-teman sudah ada cara unik membangunkan sahur orang-orang di sekitar rumah? 

Di Indonesia, tradisi membangunkan sahur masih dilestarikan hingga sekarang. 

Sebagai negara yang memegang teguh nilai kekeluargaan dan gotong royong, masyarakat Indonesia suka dan terbiasa membantu orang lain.

Salah satu wujud gotong royong yang dilakukan di bulan Ramadan adalah membangunkan orang sahur secara serentak di wilayah tertentu. 

Uniknya, setiap daerah punya cara dan tradisi yang berbeda untuk membangunkan orang sahur, teman-teman. 

Nah, pada artikel kali ini, Bobo akan mengajak teman-teman mengenal beberapa cara unik membangunkan sahur yang dilakukan di Indonesia. Yuk, simak!

1. Dengo-Dengo (Sulawesi Tengah)

Cara unik membangunkan sahur bernama dengo-dengo ini dilakukan oleh masyarakat Kota Bangku, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. 

Tradisi dengo-dengo dilakukan dengan menabuh gong, gendang, dan rebana pada waktu menjelang sahur. 

Dilansir dari Kompas.comdengo-dengo ini merupakan bangunan setunggi 15 meter, terbuat dari batang bambu dengan lantai papan 3 x 3 meter persegi, yang didirikan menjelang Ramadan. 

Istilah dengo-dengo dalam bahasa Indonesia berarti 'tempat istirahat', yang dikenal sejak masuknya agama Islam pada abad ke-17. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm