Ilustrasi kain dengan teknik cetak ecoprint.
Ilustrasi kain dengan teknik cetak ecoprint. ( SHUTTERSTOCK/Uut_Eco.J)

Mau Tahu Jenis Kain yang Eco-Friendly dan Lebih Ramah Lingkungan?

1 Mei 2023 14:26 WIB

SonoraBangka.id - Percaya atau tidak, industri fashion adalah salah satu yang berkontribusi besar pada kerusakan lingkungan.

Nah, apakah kamu sadar bahwa ternyata pakaian yang kita kenakan sehari-hari ternyata memberikan sumbangsih terhadap kerusakan lingkungan?

Menurut temuan Changing Markets Foundation (2021), diketahui bahwa industri pakaian bertanggung jawab atas lebih dari 20 persen polusi air di dunia. Ini salah satunya disebabkan oleh penggunaan material serat sintetis yang tidak ramah lingkungan.

Ironisnya lagi, laporan International Union for Conservation of Nature tahun 2017 menunjukkan bahwa tekstil akan menjadi sumber polusi mikroplastik laut terbesar di dunia.

Sementara melansir dari The Independent, menurut Laura Balmond, manajer proyek Make Fashion Circular di Ellen McArthur Foundation, mengatakan bahwa kain sintetis biasanya diproduksi dari minyak dan menyumbang 63 persen dari input material untuk produksi tekstil.

Untuk meminimalisir dampak buruk pakaian pada lingkungan, penting bagi kita lebih bijak dalam memilih kain pada baju yang akan kita kenakan.  Ini dia beberapa jenis kain yang eco-friendly, yang bisa membantu merawat lingkungan kita lebih baik lagi. 

Hemp atau Rami

Ilustrasi kain dengan teknik cetak ecoprint.

Jenis kain hemp atau rami yang ramah lingkungan. Kongphop Petwichai/iStockphoto

Hemp atau rami adalah tanaman yang serbaguna, termasuk juga kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan kain. 

Ketika digunakan sebagai kain, hemp memiliki sifat yang breathable, hangat, bisa menyerap kelembapan, antibakteri dan dapat dengan mudah dibaurkan. 

SumberParapuan.co
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm