Ikan sarden, salah satu jenis ikan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi.(Civil)
Ikan sarden, salah satu jenis ikan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi.(Civil) ( KOMPAS.COM)

Jangan Salah Pilih, Simak Jenis Ikan yang Aman untuk Penderita Kolesterol Tinggi!

8 Mei 2023 17:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Ikan adalah bahan pangan hewani yang tentu mengandung kolesterol, sehingga patut dibatasi oleh orang dengan kolesterol tinggi.

Dilansir dari Cleveland Clinic, kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah yang berpotensi mengganggu kesehatan jantung.

Di sisi lain, ikan kaya akan asam lemak omega 3, jenis lemak sehat yang berperan penting untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Hal ini tak jarang membuat penderita merasa bimbang. Di satu sisi, konsumsi ikan akan membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Tapi di sisi lain, makan daging ikan juga dikhawatirkan menaikkan kadar kolesterol.

Konsumsi ikan baik untuk penderita kolesterol

Dikutip dari laman Healthline, semua ikan mengandung kolesterol, tetapi juga tinggi asam lemak omega 3.

Kandungan lemak tersebut akan membantu tubuh menjaga kadar kolesterol tetap sehat dengan cara menurunkan kadar trigliserida.

Lemak sehat ini juga dapat membantu meningkatkan kadar high-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik, sehingga cocok bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Bukan cuma itu, sebagian besar ikan termasuk rendah lemak jenuh dan lemak trans. Bahkan, beberapa di antaranya tidak mengandung lemak trans sama sekali.

American Heart Association (AHA) pun telah merekomendasikan agar makan lebih banyak ikan dan makanan laut untuk menurunkan kolesterol.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm