Ilustrasi ayam bacem satu ekor untuk stok lauk makan sehari-hari.
Ilustrasi ayam bacem satu ekor untuk stok lauk makan sehari-hari. ( DOK.SHUTTERSTOCK/vanp photo)

Bisa Buat Stok Lauk Makan, Berikut Ini Cara Membuat Ayam Bacem

23 Mei 2023 12:09 WIB

SonoraBangka.id - Ayam bacem merupakan salah satu olahan ayam populer dengan cita rasa manis legit dan gurih. Umumnya, ayam bacem dibuat dengan bumbu sederhana dan air kelapa yang membuatnya semakin terasa lezat.  Selain ayam, kamu bisa menambahkan tempe dan tahu yang diolah dengan bumbu bacem enak berikut ini. Kamu bisa mengikuti resep ayam bumbu bacem 1 ekor untuk lima porsi makan.  Tiriskan ayam bacem dari bumbunya, simpan dalam wadah kedap udara atau plastik. Masukkan ayam ke dalam kulkas dan simpan untuk menu lauk sehari-hari seminggu.  Dalam buku "Cerita Boga Indonesia Persembahan 40 + Penulis Buku Masak Indonesia" (2014) oleh Pengajar Muda terbitan Gramedia Pustaka Utama, ada cara memasak ayam bacem bumbu meresap. 

Resep ayam bacem 

Bahan 

1 ekor ayam, potong sesuai selera 

1 liter air kelapa

3 sdm gula merah 

3 sdm air asam jawa 

7 buah bawang merah 

5 siung bawang putih

1 sdm ketumbar bubuk 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm