ILUSTRASI ANGIN PUTING BELIUNG
ILUSTRASI ANGIN PUTING BELIUNG ( Istimewa)

Fenomena Alam Angin Puting Beliung di Perairan, Apa Itu Waterspout?

26 Mei 2023 09:43 WIB

SonoraBangka.id - Tak terkecuali di Indonesia, fenomena alam berupa angin yang bertiup kencang sangat umum terjadi di dunia.

Dilansir dari Kemdikbud, angin bisa terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara atau perbedaan suhu udara pada suatu wilayah.

Angin umumnya tidak bisa dilihat, namun keberadaannya bisa diketahui melalui efek yang ditimbulkan pada benda-benda di sekitar kita. 

Misalnya, kita bisa melihat dahan pohon yang bergoyang atau bendera yang berkibar ketika terkena hembusan angin di sana.

Meski begitu, ternyata ada juga jenis angin yang bisa dilihat dengan jelas, lo. Angin jenis itu sering disebut dengan istilah waterspout.

Nah, kali ini Bobo akan menjelaskan fenomena alam waterspout yang juga pernah terjadi di Indonesia. Simak informasi berikut ini, yuk!

Apa Itu Fenomena Alam Waterspout?

Dilansir dari BMKG, fenomena waterspout pada dasarnya merupakan sebuah angin puting beliung yang muncul di wilayah perairan.

Perairan yang bisa didatangi oleh waterspout bisa bermacam-macam, mulai dari lautan lepas, danau, atau bahkan sungai.

Fenomena alam waterspout ini ternyata disebabkan oleh adanya awan jenis cumulonimbus yang menjulang tinggi di langit.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm